Masih Ada Angkutan Mudik Tak Laik Jalan

-- --
Timpenguji Dinas perhubungan mengecek kondisi ban Bus
REMBANG- cbfmrembang.com, Dinas perhubungan bersama jajaran lantas polres Rembang jumat pagi (16/6) mulai merazia  kondisi angkutan umum. Khususnya bus angkutan lebaran. Pemeriksaan  dilakukan  di Terminal Rembang  untuk Bus  angkutan mudik yang melintas di sepanjang jalur pantura Rembang. 

Kepala Dinas perhubungan Suyono melalui kasi lalulintas Sakidjo mengatakan, dari pemeriksaan sarana angkutan jalan hasilnya, masih ditemukan  bus yang dinilai kurang laik jalan, hingga langsung diberi teguran bahkan terpaksa dilakukan penilangan . Tercatat satu bus tidak laik jalan dan terpaksa ditilang. 

"Tadi kami temukan 1 bus yang kurang laik jalan. Dari hasil pemeriksaan tehnis dengan tim penguji ban depan kiri gundul, masalah lampu penunjuk arah depan mati. Maupun Bodi penumpang keropos. Untuk bus yang satu ini terpaksa diambil tindakan kita tilang”, kata Kasi lalu lintas  Dinhub Sakidjo .

Bahkan, dinas perhubungan bersama aparat kepolisian akan melakukan tilang  Jika tidak memperbaikinya, 

"Besok kalau masih tetap tidak diperbaiki, terpaksa bus-bus tadi tidak kami perbolehkan untuk jalan sampai dilakukan perbaikan," Ucapnya. 

Sakidjo mengatakan kali ini  pemeriksaan sarana angkutan jalan meliputi Pemeriksaan administrasi, sim, STNK oleh Satlantas dan, Buku uji  sama ijin trayek dinas perhubungan .

Untuk pemeriksaan Tehnis utamanya uji penerangan, uji rem dan lampu atau perlengkapan termasuk alat tanggap darurat. Ditambah  alat pengaman wajib dimiliki oleh kendaraan alat penumpang. 

Sedangkan bus yang lolos ditempeli stiker layak jalan. Dan untuk bus yang masih belum memenuhi persyaratan dan masih diambang batas kewajaran layak jalan diberikan peringatan untuk memperbaikinya .

Namun disayangkan kali ini Petugas hanya melakukan pengecekan  kondisi kendaraan, tidak dilakukan  pemeriksaan  kondisi kesehatan para sopir bus. Bahkan, juga dilakukan tes urine untuk mengantisipasi penggunaan narkoba oleh kalangan sopir. 

Dari hasil pemeriksaan sebanyak 13 Bus tercatat tercatat rata-rata atau  sebagian besar bus yang sudah tua bodinya banyak keropos.

"Selama pemeriksaan, kami juga terus memberikan imbauan agar para sopir tidak  ugal-ugalan di jalan. Ungkap Sakidjo. ( Mufti affandi )



Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3913843253096704141

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::