Belajar Berdemokrasi lewat Pemilihan Langsung Ketua RT Sambikalung

-- --
Warga dukuh Sambikalung antusias melhat hasil perhitungan suara pemilihan ketua RT
PAMOTAN-cbfmrembang.com, Pesta demokrasi tidak hanya  diterapkan melalui Pilkades, Pilkada, Pilgub maupun Pilpres saja. Tetapi wujud belajar berdemokrasi untuk menyerap aspirasi  masyarakat juga dilakukan oleh warga dukuh Sambikalung Rukun Warga (RW) 07 Desa pamotan kecamatan pamotan melalui pemilihan langsung ketua Rukun tetangga (RT).

Ketua  RW 7 desa Pamotan Trimo mengatakan, pemilihan ketua RT secara langsung sebagai langkah untuk mencoba pembelajaran berdemokrasi bagi warga, dengan harapan demokrasi bisa berjalan baik dan gotong royong bisa muncul dan tetap eksis ditengah masyarakat . 

Trimo menyebutkan pada Proses pemilihan ini diawali jumat malam tanggal 6 Juli 2017 dengan dibentuk panitia pemilihan bakal calon ketua RT dengan melibatkan karang taruna, dilanjutkan  penjaringan nama-nama calon ketua RT di  3 RT.

“, Pemilihan ketua RT dukuh sambikalung ini sangat unik karena baru pertama kali dilakukan sebagai pembelajaran warga menyalurkan aspirasi sesuai hati nuraninya’, Ungkap Trimo Ketua RW 7 Sambikalung.

Dari hasil penjaringan untuk bakal Calon ketua RT terpilih beberapa nama bakal calon dari 3 RT, setelah beberapa bakal calon terpilih dan ditetapkan menjadi calon ketua RT,  Dilanjutkan Panitia pemilu RT yang dimotori pemuda sambikalung membawa surat suara mendatangi tiap rumah untuk memberi kemudahan warga mencontreng calon ketua RT yang dipilih dan dimasukkan kotak lalu disegel untuk pertanggunjawabkan keamanan. 

",Setelah semua warga memilih calon ketua RT dilanjutkan proses perhitungan suara di mushola Sabilul falah  sebagai pusat kegiatan warga", Ujarnya .

Kegiatan yang baru pertama kali dilakukan didesa pamotan ini khususnya di RW 7  mendapat respon positif dari warga karena sebagian besar warga  antusias menyaksikan hasil perhitungan suara.

Salah satunya diungkapkan Puspita warga Sambikalung.  Menurutnya Pemilihan ketua RT secara langsung ini merupakan salah satu bentuk  pembelajaran memberikan kesempatan kepada warga untuk menyalurkan aspirasi siapa yang pantas menjadi ketua RT. 

“,Saya sangat setuju karena merupakan salah satu bentuk memberi kesempatan warga menyalurkan aspirasinya, kira-kira siapa yang pantas menjadi ketua RT diwilayahnya masing-masing”, Ungkapnya.

Puspita mengatakan pada pemlihan ketua RT kali ini dianggap paling bersih karena tidak ada money politik dan warga memilih sesuai hati nuraninya, sehingga ketua RT yang terpilih nantinya dalam mengemban tugas lebih ringan dan meminimalisir warga protes. 

Dari hasil pemilihan ketua RT, Terpilih ketua RT 1 Bapak Affandi, Ketua RT 2 bapak Budi S. dan ketua RT 3 Bapak Sutrisno. (Mufti Affandi )

Berita Terkait

Terbaru 3751521994134486650

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::