Bupati Buka TMMD Sengkuyung Tahap 2 Tahun 2017

-- --
Bupati Rembang, Saat memmukul kentongan, sebagai tanda dibukanya TMMD
SUMBER - cbfmrembang.com, Tentara Manunggal Masyarakat Desa (TMMD) telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa. 

Hal itu disampaikan oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz, saat menjadi inspektur upacara, membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam pembukaan TMMD sengkuyung 2 tahun 2017, di lapangan Desa Sumber, Kecamatan Sumber, hari Selasa (04/07/2017).

Bupati mengatakan, dalam TMMD semua elemen masyarakat bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan.

dirinya selalu merasa senang atas kegiatan-kegiatan yang berbasis kegotong royongan untuk kemaslahatan, sebagaimana TMMD. Membangun jalan dan jembatan bebarangen. 

Sudah banyak yang tumoto dan sangat membantu aksesibilitas masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, beribadah, berkegiatan sosial, dan aktivitas lainnya. Kemudian memugar RTLH, membangun jambanisasi, ataupun sanitasi. 

Bupati menambahkan sangat baik untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih layak dan sehat. Belum lagi upaya-upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan. Ini luar biasa di tengah upaya kita mengatasi persoalan kemiskinan Jawa Tengah yang angkanya masih cukup tinggi yaitu 13,19% pada tahun 2016. 

Tidak ketinggalan upayanya untuk terus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, tentang ancaman terorisme dan radikalisme, serta bahaya narkoba. Ini sangat penting dan strategis ditengah berbagai persoalan kebangsaan kita dewasa ini.

Bupati menjelaskan TMMD bukan semata membangunkan sarana fisik bagi masyarakat desa. Tapi, dalam TMMD juga membangunkan semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi. 

Kita ingin rakyat itu makin sejahtera dan mandiri. Kita juga ingin rakyat punya daya tangkal dan daya cegah terhadap berbagai hal yang menjadi ancaman terhadap keutuhan bangsa.

Perwira seksi Teritorial Kodim 0720 Rembang- selaku perwira proyek- kapten infantri Bardan menerangkankan dipilihnya Desa Sumber sebagai lokasi bhakti TMMD karena desa bersangkutan merupakan desa dengan penduduk miskin cukup banyak, desa bersangkutan merupakan desa pertanian sehingga dengan dibangunnya infrastruktur maka akan meningkatkan perekonomian warga dan untuk pemerataan persebaran lokasi TMMD. Pasalnya, 8 tahun kecamatan Sumber tidak tersentuh TMMD.

Bardan mengungkapkan TMMD Sengkuyung II dianggarkan 437 juta rupiah lebih bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Rembang dan APBD Propinsi Jawa Tengah.

Bardan menuturkan TMMD akan menyasar kegiatan fisik berupa pembangunan jalan tembus antara desa Sumber hingga desa Jadi sepanjang 1 kilo meter kali 2,5 meter, pembangunan 2 talut, 4 gorong-gorong, 2 jembatan dan 1 pos kamling.

Sedangkan program non fisik berupa penyuluhan hukum, kamtibmas, narkoba, wawasan kebangsaan, pertanian dan pengobatan massal bagi warga sekitar. ( Masudi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8697060229991981258

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::