Jelang Aksi Nelayan, Ratusan Kapal Cantrang Disandarkan

-- --
Foto diambil pada tanggal 09 Juli 2017
REMBANG – cbfmrembang.com, Seribuan nelayan cantrang asal Kabupaten Rembang pada hari Senin besok akan mempersiapkan diri untuk berangkat ke Jakarta. Hal tersebut untuk mengikuti aksi solidaritas unjuk rasa yang akan dilakukan didepan Istana Negara di Jakarta, Selasa 11 Juli 2017.

Berdasarkan pantauan cbfmrembang.com, di Pelabuhan Perikanan TPI Tasik Agung Rembang, pada Minggu (8 Juli 2017), tak ada aktifitas apapun terlihat dilokasi yang biasa digunakan sebagai tempat pelelangan ikan.

Hanya nampak, ratusan kapal cantrang milik nelayan setempat berjejer di sepanjang dermaga sejak para nelayan tak bisa melakukan perpanjangan SIPI, karena terhalang aturan larangan penggunaa jaring cantrang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tak adanya aktifitas di Pelabuhan Tasik Agung karena  disebabkan seluruh nelayan cantrang tak berangkat melaut karena takut di tindak petugas.

Kordinator lapangan nelayan cantrang asal Rembang Lestari Priyanto saat ditemui wartawan membenarkan adanya aksi tersebut. Selain itu, meski ada tambahan selama enambulan hingga akhir 2017, hal tgersebut tak membuat para nelayan bernafas lega.

Pasalnya, tambahan waktu yang kembali diberikan sampai Desember 2017, diperuntukan bagi kapal dibawah 10 GT. Menurut Lastari, rata-rata kapal cantrang yang di dimiliki nelayan Rembang diatas 30 GT.

"Ya kami akan berangkat besok Senin mas. Sudah sebulan ratusan kapal cantrang ini hanya bersandar. Mereka tak berani melaut karena tak bisa melakukan perpanjangan SIPI, sementara SIPI per Juni 2017 kan sudah habis" jelasnya.

Kebarangkatan nelayan akan dipusatkan di area Pelabuhan Perikanan Pantai Tasik Agung Rembang, sekitar jam 01.00 siang menggunakan 21 armada. Dalam aksinya, para nelayan seluruh Indonesia yang tergabung dalam Front Nelayan Bersatu, akan melakukan jalan kaki menuju Istana Negara.

Sebelumnya, nelayan pengguna jaring cantrang di Kabupaten Rembang, sudah pernah merespon kebijakan yang dikeluarkan Mentri KKP dengan menggelar 2 kali aksi di Jakarta. ( ASMUI ) 

Berita Terkait

Utama 6259236443340855910

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::