Jelang Putusan, Wartawan Rembang Gelar Aksi Tabur Bunga

-- --
Aksi dukungan Wartawan kepada Pengadilan Negeri Rembang menjelang vonis Suryono 
REMBANG - cbfmrembang.com, Belasan wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang, Kamis pagi (27/07/2017) menggelar aksi dukungan kepada Pengadilan Negeri Rembang menjelang vonis Suryono, yang merupakan terdakwa kasus penghalangan peliputan korban kecelakaan kerja di RSUD dr Soetrasno Rembang pada 18 Agustus 2016 silam.

Dalam aksi, belasan wartawan tak melakukan orasi. Melainkan melakukan aksi tabur bunga di depan kantor Pengadilan Negeri Rembang, yang disertai dengan meletakkan semua piranti peliputan, seperti kamera, id card, dan recorder.

Dengan tujuan, mendorong dan mendukung majelis hakim, agar memberikan fonis yang maksimal kepada pelaku yang didakwa mengintimidasi wartawan saat melakukan peliputan.

Secara terpisah, Wakil ketua PWI Rembang Sarman Wibowo mendorong majelis hakim, untuk tidak ragu dalam menjatuhkan putusan dengan hukuman yang maksimal sesuai dengan undang-undang no 40, tentang Pers.

Menurutnya, sesuai dengan dakwaan jaksa penuntut umum, terdakwa secara sah dan meyakinkan, telah melangggar pasal 18, undang-undang tentang pers.

"Jangan ragu-ragu memberikan putusan kepada terdakwa. Sesuai dengan apa yang didakwakan JPU, jika yang bersangkutan terbukti secara jelas melakukan penghalangan kerja wartawan" jelasnya.

Sementara itu Ketua PWI Rembang Njamal A Garhan menyatakan, jika Suryono dinyatakan tidak bersalah, atau divonis dengan hukuman meringankan, Ia menilai kebebasan pers, belum di jamin sepenuhnya oleh undang-undang.

Ia menambahkan, pada saat putusan mendatang, para wartawan akan mengadakan aksi solidaritas, dengan mendatangkan para jurnalis yang ada di Muria Raya untuk datang ke persidangan. ( ASMUI  )
Reaksi: 

Berita Terkait

Pemerintah 6249329958481910735

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::