Kearifan Lokal Perlu dilestarikan.

-- --
Treatical budaya tampil dalam peringatan hari jadi kabupaten Rembang
REMBANG-cbfmrembang.com, Kabupaten Rembang banyak mempunyai kearifan lokal diantaranya kebudayaan dan adat tradisional.
  
Kearifan lokal ini sudah lama hidup dan berkembang ditengah masyarakat dan merupakan unsur budaya bangsa yang harus dipelihara dan diupayakan untuk diintegrasikan menjadi budaya baru bangsa sendiri secara keseluruhan. 

Seperti halnya pada peringatan hari jadi kabupaten Rembang ke 276 ,untuk tetap bisa melestraikan budaya lokal upacara digelar dengan menggunakan adat jawa sekaligus  menggunakan bahasa jawa.

Kepala Bidang Kebudayaan dinas kebudayan dan pariwisata kabupaten Rembang Mutaqin mengatakan, pihaknya terus mengupayakan untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh kabupaten Rembang, karena Rembang  punya banyak kearifan lokal diantaranya kebudayaan, adat tradisional yang bisa diangkat ketingkat nasional. 

Salah satunya pada event upacara hari jadi kabupaten menggunakan baju kedaerahan beskup jawa lengkap dan bahasa jawa, nantinya kedepan tidak hanya pada event hari jadi saja  tetapi hari-hari tertentu nantinya bisa mengenakan baju kedaerahan yang menjadi ciri khas budaya kita. 

Agar tidak punah, Kearifan lokal lain  juga perlu dilestarikan diantaranya cagar budaya.  Langkah ini kedepannya telah dibuatkan  perda tentang cagar budaya dan persiapan tehnisnya telah ditindaklanjuti pembuatan Perbup.

Untuk mendukung pelestariannya juga didukung  tim ahli cagar budaya yang nantinya bisa membantu jadi tim pendataan, sehingga kedepannya cagar budaya bisa lestari dan berkembang.

Disebutkan Mutaqin Untuk tetap melestarikan budaya penggunaan bahasa daerah/ jawa dalam upacara kedepannya perlu kita kembangkan dan ditingkatkan. Langkah ini sebagai tindaklanjut instruksi gubernur jateng bahwa tiap hari kamis diupayakan kita bisa menggunakan bahasa jawa dalam kesempatan  kedinasan. 

“,Makanya kedepan meningkatkan menggunakan bahasa jawa dalam kedinasan khususnya pada hari kamis. kepemilikan bahasa daerah, bagi generasi (muda) kita sudah jauh, bahkan bisa dikatakan tidak mengenal lagi bahasa (daerahnya) sendiri. “, Imbuhnya (Mufti affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 92661181865088365

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::