Pendataan Keluarga Sehat

-- --
Sosialisasi program keluarga sehat di Wilayah Sumber 
SUMBER-cbfmrembang.com, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) kecamatan Sumber, mulai bulan Agustus 2017 nanti, akan melakukan pendataan keluarga sehat ke rumah warga di wilayah kecamatan Sumber. 

Hal itu disampaikan oleh dokter puskesmas Sumber - Fitri Mustika Sari, dalam sosialisasi program keluarga sehat tingkat kecamatan Sumber, di aula kecamatan Sumber, hari Rabu (18/7).

Fitri Mustikasari mengatakan pendataan keluarga sehat sebelumnya telah dilakukan melalui kunjungan kesehatan oleh petugas kesehatan serta kader kesehatan yang ada di desa masing-masing. Namun untuk pendataan kali ini nantinya akan dilakukan oleh pegawai UPT. Puskesmas Sumber dan cakupannya total coverage dalam artian Puskesmas harus mempunyai database kesehatan seluruh keluarga di wilayah kerjanya baik yang menetap maupun yang merantau. 

Fitri Mustikasari menambahkan dalam pendataan itu substansinya mencakup 12 indikator keluarga sehat yang terbagi ke dalam lima kelompok, yaitu lima indikator dalam gizi, kesehatan ibu dan anak meliputi Keluarga mengerti program keluarga berencana (KB), Ibu hamil memeriksa kehamilannya sesuai standar, Balita mendapatkan imunisasi lengkap, Pemberian ASI Ekslusif 0-6 bulan dan Pemantauan pertumbuhan balita.

Sementara Dua Indikator dalam pengendalian penyakit menular dan tidak menular meliputi Penderita hipertensi berobat teratur dan Penderita TB paru berobat sesuai standar. Sedangkan Dua Indikator dalam perilaku sehat meliputi Tidak adanya anggota keluarga yang merokok dan Sekeluarga sudah menjadi anggota JKN.

Selain itu Dua indikator terkait lingkungan sehat meliputi Mempunyai sarana air bersih dan Menggunakan jamban keluarga. Serta Satu Indikator kesehatan jiwa yaitu Anggota keluarga akses dalam pelayanan kesehatan jiwa.

Fitri Mustikasari menjelaskan desa yang telah diujicoba yaitu desa Megulung yang didata pada bulan Mei 2017 lalu. Dipilihnya desa Megulung sebagai ujicoba karena jumlah kepala keluarganya berkisar 200an.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Camat kecamatan Sumber - Kamdani menghimbau kepada kepala desa supaya turut menyukseskan pendataan keluarga sehat karena ini program pemerintahan Presiden dan wakil presiden - Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam butir 5 Nawa Cita yaitu Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program “Indonesia Pintar”; serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.(Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 1544825129876318714

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::