Stok Darah A dan O Menipis, PMI Galang Pendonor

-- --
Petugas tunjukkan stok darah PMI Rembang
REMBANG - cbfmrembang.com, Pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Rembang, menyatakan mengalami penipisan sejumlah stok dari  berbagai golongan darah.

Diantaranya, golongan darah A dan O, yang mengalami keterbatasan stok. Kondisi tersebut sudah terjadi sejak sebelum lebaran pada bulan Juni lalu, dan sampai sekarang.

Padahal, permintaan darah untuk golongan tersebut sangat tinggi, pada setiap harinya. Apalagi sejak 17 Juli siswa sekolah baru masuk tahun ajaran baru, dan sampai saat ini belum selesai mengikuti kegiatan Masa Orientasi Siswa atau MOS PMI belum dapat melakukan donor darah disetiap sekolah karena masih dalam kegiatan.

Bagian Pencari Pelestari Darah Sukarela (P2D2S) Ervin Nurcahyanti menjelaskan,  sejumlah langkah sudah dilakukan untuk menjaga kestabilan persediaan kantung darah di PMI Rembang, diantaranya, dengan mengumpulkan para pendonor rutin yang sudah waktunya untuk melakukan dinor darah.

"Sebelum lebaran kondisi tersebut stok darah sudah menipis mas. Apalagi sekolah baru mengaktifkan siswanya pada 17 Juli kemarin dan sampai hari ini baru masih sibuk kegiatan MOS. Sehingga, kami belum bisa melakukan dinor di sekolah-sekolah" jelasnya.

Lebih lanjut Ervin menambahkan, setiap hari ada permintaan sekitar 40 kantung darah di PMI Unit Transfusi Darah (UTD), Rembang. Permintaan tersebut datang dari dalam, ataupun luar kota Rembang. Jumlah stok darah yang ada di PMI saat ini golongan darah A 18 kantong, B 40 kantong, dan O 15 kantong, sementara AB tersedia 15 kantung. (  ASMUI  )
Reaksi: 

Berita Terkait

Sosial 2558945208503015345

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::