Tak Dapat Perpanjang SIPI, Aktifitas Perikanan Rembang Lumpuhkan Total

-- --
Kapal cantrang yang hanya bersandar disepanjang dermaga TPI Tasik Agung Rembang
REMBANG - cbfmrembang.com, Tidak dapat keluarnya Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI), membuat aktifitas perikanan di Rembang mengalami kelumpuhan. 

Hal tersebut disebabkan, para nelayan kapal cantrang per Juni 2017 tak dapat melaut, karena kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Tasik Agung Rembang, sudah tidak dapat menerbitkan SIPI, bagi kapal pengguna jaring cantrang di atas 10 GT, karena adanya aturan Permen KP NO 71 tahun 2017.

Berdasarkan kondisi dilapangan, sejumlah aktifitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI), dan perusahaan pengolahan hasil laut, sepi tak seperti biasanya.

Menurut keterangan sejumlah juragan kapal cantrang Rembang, Sony mengaku, kondisi tersebut sudah berlangsung sejak sebelum lebaran, dan berlangsung hingga saat ini.

Ia menambahkan, sepinya aktifitas pelabuhan, karena banyak kapal enggan melaut, karena takut ditangkap aparat karena tak mengantongi surat izin yang berlaku.

"Ya kondisi ini sudah terjadi sebelum lebaran, hampir sebulan mas kita tak melaut, takut jadi sasaran aparat jika memaksa melaut. Bahkan sebelum puasa kita juga sudah mulai sepi" jelasnya.

Sementara itu, sekitar seribu nelayan di Kabupaten Rembang, hari Senin (10 Juli 2017) kemarin, diberangkat keJakarta turut serta melakukan aksi demo di depan Istana Negara bersama nelayan cantrang seluruh indonesia yang tergabung dalam Front Nelayan Bersatu yang digelar pada hari ini Selasa, (11 Juli 2017).

Selain di Jakarta, aksi serupa juga akan digelar di setiap daerah oleh para nelayan cantrang sebagai dukungan aksi yang ada di Jakarta. 

Sampai berita ini diturunkan, Kasat Shabara Polres Rembang, Roy Irawan menyatakan belum ada pemberitahuan terkait akan adanya aksi yang dilakukan perwakilan nelayan cantrang di Kabupaten Rembang, sebagai aksi dukungan. ( ASMUI )

Berita Terkait

Terbaru 921632564081603978

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::