13 Tumpeng Hasil Bumi Desa Pamotan Diarak

-- --
Arakan Tumpeng hasil Bumi desa Pamotan
PAMOTAN-cbfmrembang.com, 13 Tumpeng atau gunungan hasil bumi desa Pamotan kecamatan Pamotan hari rabu ( 2/8) diarak dalam kegiatan tasyakuran kirab budaya dan hasil bumi desa pamotan. Kirab Budaya dan hasil bumi berlangsung meriah dan di saksikan ribuan warga desa pamotan dan warga desa sekitarnya .

Ketua panitia Sedekah Bumi desa Pamotan Purnomo mengatakan Perwakilan warga dari RW 1 sampai RW 13 menampilkan tumpengan hasil bumi desa Pamotan,

Kegiatan kirab budaya ini merupakan  wujud rasa syukur kepada sang pencipta hasil bumi desa Pamotan, Selain itu upaya guri-nguri tradisi  budaya jawa sebagai wujud mengakomodir keinginan dan minat masyarakat yang sangat besar.

“, Masing masing RW  membuat tumpeng atau gunungan hasil bumi desa pamotan seperti padi, kacang panjang, singkong, labu, pepaya, timun, terong, tomat, jagung dan lainnya, selain itu juga masing masing RW menampilkan kolaborasi seni budaya jawa dan tari tarian  ”, Jelas Purnomo. 

Pihak panitia patut mengapresiasi warga desa pamotan walaupun pihak desa tidak bisa banyak membantu tetapi antusias 13 RW sangat  tinggi, bahkan RW rela mengeluarkan uang puluhan juta untuk memeriahkan kegiatan kirab budaya. .

“,Sebanyak 13 RW mengikuti kegiatan kirab budaya bahkan RW rela mengeluarkan jutaan rupiah untuk kegiatan kirab”,Ungkapnya. 

Untuk memberikan support dan motivasi dari masing-masing RW kegiatan  kirab budaya dilombakan.

“,Kirab budaya kita lombakan dengan kriteria lomba diantaranya tampilan busana adat jawa, tumpeng merupakan hasil bumi desa pamotan dan harus dipikul, unjuk kebolehan menampilkan seni dan tari-tarian juga mendapatkan penilaian”. Imbuhnya 


Arakan Tumpeng hasil Bumi desa Pamotan

Kepala Desa Pamotan Abdul Rouf berharap kegiatan kirab bisa dimaknai pemersatu warga desa Pamotan, dengan kegitan tersebut kekompakan warga semakin meningkat. Pihak desa sangat mendukung Kegiatan kirab terutama untuk pelestarian budaya lokal  seperti pelestarian  prasasti Batu yang ada di Sambikalung  .

“,Antusias warga sangat besar patut kita syukuri, pihak desa mengharapkan kegiatan kirab menjadi pemersatu semua warga, dari sisi pelestarian bisa lebih menonjolkan budaya lokal untuk pelestarian budaya daerah”. Bebernya  

Acara arak arakan yang berlangsung mulai jam 13. 00 sampai 17.00 dengan rute start dari lapangan sepak bola Palapa dan finish di kantor desa pamotan dengan jarak sekitar 1,5 KM berlangsung aman dan lancar .

Selain kirab acara sedekah bumi desa pamotan ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lomba, pementasan  wayang kulit dan pengajian akbar. ( Mufti Affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3154921457292424277

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::