Festival Mengolah Kawis, Warnai Peringatan HUT RI Ke 72 di Rembang

-- --
Peserta lomba membuat menu makanan dan minuman  berbahan kawista
REMBANG - cbfmrembang.com, Untuk mengangkat hasil pertanian terutama buah-buahan  lokal diKabupaten Rembang, "Festival Olahan Makanan dan Minuman Kawista, Kabupaten Rembang, Tahun 2017 digelar di pendapa komplek museum Kartini Rembang, Jumat (18/08/2017).

Acara yang gelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan(DINTANPAN) Rembang itu, ditujukan untuk mencari inovasi, khusunya produk  buah Kawis yang menjadi icon Rembang.

60 peserta dari berbagai unsur, tampil untuk meramaikan festival ini. Mulai dari Tim penggerak PKK, Darma Wanita, hingga Wanita Tani tak mau ketinggalan.

Menurut keterangan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rembang (Dintanpan) Suratmin, kawis merupakan komiditas buah lokal yang harus dilestarikan. Sehingga, dengan ivent tersebut mampu menjadikan buah yang hanya dapat dijumpai di Rembang ini, mampu di kenal masyarakat secara luas.

"Ini tujuannya untuk melestarikan potensi lokal, agar lebih dikenal masyarakat secara luas. Ada 36 peserta yang ikut dalam festival ini, mulai PKK, Darma Wanita dan Wanita Tani" jelasnya.

Suratmin juga mengaku, sudah mendaftarkan buah kawis di Kementrian pertanian, untuk dapat dilepas menjadi komuditas tanaman unggul lokal yang layak untuk dikembangkan.

"Kami sudah mengajukan kepada Kementrian Pertanian, agar buah kawis dilepas menjadi fariitas unggul lokal" Kata Kepala Dinas Pertanian Rembang Suratmin, kepada cbfmrembang.com

Setiap peserta festival, diharuskan menyajikan tiga masakan yang berbahan baku menggunakan buah Kawis. Tiga masakan tersebut, harus diolah menjadi makanan kering seperti kripik kawis, makanan basah, dan minuman, yang berasal dari buah kawis. (  ASMUI  )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 3871581254628409547

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::