Jadikan Sektor Pertanian Menjadi Kontributor Terbesar

-- --
16 THL TB penyuluh pertanian  usai menerima Sk foto bersama dengan Bupati dan wakil 
REMBANG-cbfmrembang.com, Kabupaten Rembang merupakan daerah agraris dan pertanian juga menjadi program prioritas dalam Rencanan Pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Sehingga Pertanian bisa menjadi kontributor terbesar pada Produk Domestik Regional bruto (PDRB) Rembang, 

Hal tersebut disampaikan Bupati Rembang H Abdul hafidz seusai menyerahkan SK kepada 16 Tenaga Harian Lepas dan Tenaga Bantu (THL TB) Penyuluh pertanian di aula lantai 4 Kantor Setda Rembang, Senin (28/8/2017).

Bupati menyebutkan  dari luas lahan 60 ribu hektar lebih, bupati meminta penyuluh pertanian benar- benar bisa mengoptimalkan perannya, tercatat tahun 2016 lalu sektor ini mampu  menyumbang sebanyak 36 persen

“,Lahan pertanian dengan luas lahan 60 ribu hektar lebih saya minta harus benar- benar bisa dioptimalkan. Jika tidak maka potensi tersebut akan sia- sia”, Ujarnya

Untuk memaksimalkan potensi pertanian, PPL memiliki peranan penting. Mereka harus diberikan tugas yang betul- betul membantu para petani.

"Saya minta kepada Kepala Dinas agar PPL ini diberi tugas, kapling- kapling. Berapa besar, berapa hektar si A ini harus memproteksi, harus menganalisa, harus mengawasi atas kewajibannya ini. Misalnya dua desa ada berapa hektar nah lahan itu harus ditanami apa agar petani mendapat kepastian," terangnya.

PPL dinilainya tidak boleh hanya mencatat, tetapi harus memberikan masukan kepada para petani. Diakuinya para petani memang memiliki cukup pengalaman, namun mereka cenderung masih tradisional.

"Terhadap kemajuan teknologi dan perubahan iklim, sangat dibutuhkan peran dari PPL. Padahal perubahan iklim ini sangat mempengaruhi produktifitas dan jenis tanaman."kata Bupati

Bupati Abdul hafidz juga menilai sejauh ini PPL masih belum melakukan apa yang disarankan, Harapannya setelah ini, PPL bisa melaksanakan tugas seperti yang telah disampaikannya, sehingga petani bisa mendapatkan hasil panen atas apa yang mereka tanam dengan maksimal.( Mufti Affandi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4559031015215881412

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::