Ratusan Relawan BKM Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

-- --
Kabag Humas Kukuhpurwasana menyampaikan materi dasar-dasar jurnalistik
LASEM- cbfmrembang.com, Ratusan relawan Badan Keswadayaan Masyarakat ( BKM ) kecamatan Lasem dan Rembang mengikuti pelatihan di pendopo Kecamatan masing-masing, Rabu (9/8/2017) sore. Dalam pelatihan mereka mempelajari tentang pengembangan potensi kerjasama dan pengembangan kawasan perdesaan dan dasar- dasar jurnalistik.

 Koordinator FKA-BKM, Imron Wijaya mengatakan kemampuan relawan BKM setiap tahunnya harus selalu ditingkatkan. Namun pelatihan kali ini tidak hanya menyasar BKM saja, tetapi juga pemerintah desa.

“Dengan mengundang pemerintah desa harapannya adanya kesamaan persepsi antara keduanya tentang pengelolaan di desa. Karena tahun ini tidak ada anggaran untuk bantuan langsung tunai, sehingga kegiatannya difokuskan ke arah sumber dayanya, “ ujarnya.

Hanya ada delapan desa yang mendapatkan bantuan langsung tunai tahun ini. Yaitu Ngemplak, Soditan, Dorokandang, Babagan, Padaran, Tanjungsari, Tritunggal dan Pasar Banggi.

Terkait materi, rencana mereka akan membuat media warga dalam bentuk media cetak. Nantinya majalah tersebut akan disebar ke semua desa yang ada di kecamatan Rembang dan Lasem, sehingga bisa saling tukar pengalaman.

Lebih lanjut Ia menambahkan akan mendorong semua desa untuk memiliki akun media sosial ataupun web. Dengan demikian akan mendukung publikasi informasi potensi desa. 

Sedangkan materi kerja sama dan pengembangan kawasan perdesaan, diharapkan ego sektoral masing- masing desa dihilangkan. Ia mencontohkan pembangunan desa yang wilayahnya bersebelahan seperti  desa Sendangcoyo dan Ngargomulyo harus bersinergi jika ingin pembangunannya bisa lebih baik.

Sementara itu Kabag Humas Setda Rembang, Kukuh Purwasana sebelum menyampaikan materi dasar- dasar jurnalistik menuturkan kepada para peserta bahwa setelah pelatihan tentu tugas – tugas kejurnalistikan untuk menginformasikan potensi atau kegiatan yang ada di desa harus berjalan. Ia mengingatkan bahwa orang bisa sukses salah satunya adalah menguasai informasi dalam hal ini media. ( Mufti Affandi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5391402774805334009

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::