"Sentra Garam Rakyat" Kaliori, Memasuki Proses Lelang

-- --
Seorang petani garam yang sedang menggarap lahan tambak di Kaliori 
KALIORI - cbfmrembang.com, Seiring dengan kelangkaan stok garam, karena minimnya jumlah produksi, pemerintah Kabupaten Rembang menegaskan tahun ini 2017, mendirikan sentra garam di wilayah Desa Purworejo, Kaliori.  

Gudang yang digadang, akan menjadi tempat penyimpanan stok garam, untuk mengatasi kelangkaan itu, merupakan bantuan pemerintah pusat yang dikembangkan melalui program "sentra niaga garam rakyat".

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, usulan pembuatan gudang garam sudah lama digulirkan, namun baru terealisasi ditahun 2017 ini. Dan secara kebetulan produksi saat ini Kabupaten Rembang, dan Indonesia sedang mengalami kelangkaan.

Sampai sat ini, dampak dari cuaca tak menentu, para petani garam belum secara maksimal melakukan produksi, yang membuat, hampir sebagian gudang sebagai penampungan garam milik petani kosong.

Bupati membeberkan, jika persiapan pembangunan sentra garam, saat ini sudah selesai pada tahapan lelang. Sehingga, sudah siap dibangun, meski dimungkinkan, belum dapat difungsikan tahun ini.

Ia menambahkan fungsi dan manfaat gudang yang menjadi sentra garam Rembang itu, nantinya, sebagai langkah antisipasi anjloknya harga garam, saat panen melimpah.

Secara terpisah, camat Kaliori Mustholih mengatakan, lahan produktif tambak garam diwilayahnya mencapai 971 hektar dari 6.150 hektar luas wilayahnya.

Area tambak berada di 10 desa yang meliputi Desa Tunggulsari, Tambakagung, Mojowarno, Tasikharjo, Dresi Kulon, Dresi Wetan, Karangsekar, Purworejo, Bogoharjo dan Desa Banyudono.

Kekosongan stok garam, saat ini membuat harga garam menguntungkan petani dan juragan tambak. Meski disisi lain, harga garam dipasaran mencapai Rp 3500 sampai 4 ribu rupiah per kilogramnya. ( Masudi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 8397871398641458978

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::