Studi Banding Menguatkan Kelembagaan BUMDes

-- --
Camat Sluke monitoring dan evaluasi ADD dan Dana desa 
SLUKE-cbfmrembang.com, Kesuksesan warga Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten,  dalam mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) wisata air mampu hasilkan Milliaran rupiah patut ditiru. Keberhasilan BUMdes Ponggok itu bisa mejadi acuan  bagi desa-desa lain untuk mendapatkan pemasukan yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakatnya.

Untuk menguatkan kelembagaan BUMdes di masing-masing desa perwakilan kelembagaan di tiap desa di wilayah kecamatan sluke baru-baru ini melakukan studi banding di desa tersebut.

Camat Sluke Haryadi mengatakan, Study banding kelembagaan BUMDes dalam rangka mengakomodir dan mengakomodasi pembentukan  BUMDes agar bisa diterapkan dimasing-masing desa.

Langkah tersebut sejalan dengan amanat undang-undang nomor 32/2004 tentang pemerintahan daerah  dan PP nomor 72 tentang desa bahwa semua desa nanti diupayakan  bisa mendirikan BUMdes atau  BLUD

Haryadi mengakui untuk mewujudkannya tidak mudah karena pihak desa harus mempersiapkan segala perangkatnya .

“,Kita tidak menargetkan dalam  pembentukan BUMdes semua desa secepatnya memilikinya, karena dalam pelaksanaanya tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi karena ini merupakan amanah undang-undang harus dilaksanakan oleh masing-masing desa“, Ujarnya  

Haryadi berharap Pasca studi banding ini semua desa bisa mendirikan BUMdes karena  setiap desa memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi sebuah sector industri kreatif, pariwisata dan lainya. sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Sejauh ini baru satu desa di kecamtan sluke yang sudah memiliki perdes BUMdes yakni desa Labuhan Kidul. 

“,Saya harapkan masing-masing desa di kecamatan Sluke  mengetahui proses pendirian dan pembentukan BUMdes/BLUD serta bagaimana cara kerja BUMdes di desa Ponggok yang bisa diakomodasi dan diterapkan  di masing-masing desanya“.Imbuhnya

Carik Sendang mulyo Didik mengatakan study banding ke Desa Ponggok untuk mempelajari sumber- sumber pendapatan dari desa dan potensi-potensi desa yang cocok bisa  dikembangkan.

Untuk Desa Sendangmulyo pihak desa rencananya akan memanfaatkan pengelolaan tanah bondo desa berupa lahan tambak seluas 6 hektar untuk lokasi wisata. Wacana ini nantinya akan diputuskan dalam pertemuan dengan semua pihak yang terlibat.

”, Dari rembug awal dengan kepala desa rencananya akan memanfaatkan lahan tambak, Kami saat ini belum bisa memutuskan karena harus menunggu musyawarah desa terlebih dahulu”, Imbuh Didik  (Mufti Affandi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2292334913586286193

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::