Atasi Kekeringan Pemkab Membuat 172 Unit Sumur Pantek

-- --
Bupati saat meninjaul okasi 
REMBANG-cbfmrembang.com, Untuk mengatasi kekeringan yang terjadi di kabupaten Rembang, terutama bagi para petani pemerintah tahun ini akan melanjutkan pembuatan sumur tanah dangkal atau sumur pantek sebanyak 172 sumur .

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz menyebutkan, 22 unit  diperuntukkan bagi lahan pertanian semuanya akan  dibangun di wilayah Kecamatan Kaliori.  Dengan rincian di desa Gunungsari 7 unit, di desa Pengkol 7 unit dan di desa Kuangsan 8 unit.  

Sedangkan  khusus 150 unit akan dibiayai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Sehingga akan dibuat khusus untuk wilayah perkebunan yaitu untuk lahan yang ditanami tembakau.

“Untuk sumur pantek di 150 titik ini kita sudah identifikasi, memang keperuntukkannya khusus disekitar yang bisa ditanami tembakau,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan cara untuk mengajukan bantuan sumur tanah dangkal, harus mengajukan proposal dari kelompok tani kepada Dinas Pertanian dan Pangan. Selanjutnya Dintanpan akan melakukan verifikasi.

“Cara mendapatkan bantuan sumur ini harus ada proposal dari kelompok tani kepada Dinas Pertanian. Nanti dinas pertanian akan memverifikasi , kemudian nanti diajukan kepada Bupati tentang hasil verifikasi, tentang kelayakannya dan anggarannya.” Ungkap Bupati. 

Tercatat cukup banyak Kelompok tani yang sudah mengajukan, namun karena keterbatasan anggaran maka tidak dapat dipenuhi semua. Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Pemkab Rembang setiap tahunnya ditarget 200 unit sumur pantek, namun karena keterbatasan anggaran kemungkinan bisa dikerjakan di tahun- tahun mendatang. (Mufti affandi )


Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 7414911474746204644

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::