BPBD Petakan Sumber Air Atasi Kekeringan

-- --
Embung Rowo setro mampu menampung air disaat musim kemarau
REMBANG - cbfmrembang.com, Selain terus melakukan droping air bersih untuk 12 desa yang sedang dilanda kekeringan, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang, sedang melakukan pendataan sumber mataair yang belum dimanfaatkan warga, karena jauh dari pemukiman.

Kepala BPBD Rembang Purwadi Samsi mengaku, sampai saat ini, droping air bersih bagi desa yang mengalami kekeringan masih terus berjalan, walaupun Kabupaten Rembang sempat turun hujan, tapi tidak merata.

Purwadi mengaku, pihaknya sedang melakukan pendataan sumber mata air, disetiap daerah, yang belum termanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Rencananya, sumber air yang belum termanfaatkan, kedepan akan diupayakan BPBD, untuk bisa dimanfaatkan melalui saluran pipa.

Dengan harapan, dapat mengurangi dampak kekeringan yang melanda sebagian daerah di Kabupaten Rembang.

"Dan kami juga mencari sumber air, ketika ada sumber air tapi jauh dari pemukiman, agar bisa dimanfaatkan sumber air itu. Nanti kita tarik dengan pipa" kata Purwadi.

Sudah ada sumber air ditemukan di tiga Kecamatan yang sedang dilanda kekeringan. Ketiga Kecamatan tersebut adalah, Kecamatan Seda, Bulu, dan Kecamatan Sumber.

Pemanfaatan sumber air yang jauh dari pemukiman, melalui pipanisasi, akan dilakukan oleh BPBD, direncanakan pada tahun 2018 mendatang.

"Kita berusaha untuk kita rencanakan tahun depan. Kita amati banyak sekali sumber mataair yang belum termanfaatkan karena jauh dari pemukiman warga" terangnya. 

Pihak BPBD mengaku siap menambah jumlah pasokan droping air bersih kepada masyarakat, jika mengirimkan surat pengajuan permohonan bantuan air bersih. 

Tahun ini, pemerintah Kabupaten Rembang melalui BPBD, menyiapkan 50 juta untuk anggaran bantuan droping air bersih, untuk wilayah yang dilanda kekeringan. Kemudian, pada anggaran perubahan 2017, jumlahnya kembali ditambah 50 juta rupiah. (  ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4710043057853758136

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::