Bupati Minta Warga Bersabar, Tunggu Hasil KLHS

-- --
Bupati Rembang
REMBANG - cbfmrembang.com, Bupati Rembang H Abdul Hafidz meminta masyarakat di Kabupaten Rembang bersabar menunggu hasil Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). 

Hal tersebut disampaikannya saat menemui perwakilan beberapa warga Desa Tegaldowo dan Timbrangan, yang menggelar aksi mempersoalkan penambangan di Cekungan Air Tanah (CAT), Senin siang (19/09/2017) didepan kantor Bupati Rembang.

Menurut Bupati, hasil dari Kajian Lingkungan Hidup Strategis jilid dua sebagai salah satu tahapan pembuktian dari hasil KLHS tahap pertama, dinyatakan belum keluar dan belum final. 

Maka Ia meminta warga tidak terburu-buru bereaksi mengeluarkan penolakan, dan mempersoalkan Cekungan Air Tanah (CAT). Karena, tidak semua CAT dilarang untuk ditambang. Ketika memenuhi persyaratan, maka Cekungan Air Tanah boleh ditambang.

"Jadi saat pertemuan di Jakarta semua Professor berkumpul dan bicara keilmuan. Jadi disana tidak ada bicara bisnis, ataupun Politik. Tapi yang ada mereka bicara keilmuan. Jadi apapun hasil KLHS tahap kedua yang masih berjalan, jika keluar hasilnya semua harus menerima" kata Bupati.

Sementara itu, Joko Prianto sebagai tokoh aksi menyampaikan kepada Bupati, sebagaimana Perda Nomor 14 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW), CAT Watuputih  harus dilindungi, sebagaimana rekomendasi dari KLHS.

“KLHS sudah jelas merekomendasikan CAT Watuputih tidak boleh ditambang. Perda Nomor 14 Tahun 2011 juga sudah menyebutkan CAT harus dilindungi” kata Joko Prianto.

Sedangkan dari pihak Bapeda Rembang, melalui Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Sugiarto diforum tersebut menyampaikan, proses pemberian izin tambang, sudah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Tupoksi Pemkab Rembang, hanya memberikan rekomendasi tambang. Pembahasan soal Cekungan Air Tanah (CAT), kata Sugiarto terdiri dari berbagai jenis dan golongan. Jadi, intinya tidak semua CAT, menjadi kawasan lindung. (  ASMUI )

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 1034771280148235742

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::