Desa Babadan Andalkan Cokek Sampaikan Informasi

-- --
Cokek Babadan
KALIORI - cbfmrembang.com, Sampai hari ini Desa Babadan Kecamatan Kaliori mengembangkan media elektronik berupa cokek untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat desa setempat.

Kepala Desa Babadan Lastari mengaku, bermula dari pertama kali menjabat, kesulitan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, meski sudah memasang pengumuman melalui selebaran yang ditempel disetiap warung dan sudut desa.

Lastari menambahkan, melalui jagong diwarung, ia mendapatkan masukan dari masyarakat untuk memberikan pengumuman dengan cara keliling desa, sebagaimana yang dilakukan para perangkat desa terdahulu dengan cara manual.

"Ide gagasan itu muncul juga waktu saya jagongan dengan warga masyarakat. Itu dulu setiap ada kerja bakti perangkatnya keliling desa, dengan berteriak tanpa pengeras" kata Lastari.

Dengan memanfaatkan keahlian salah satu perangkat desa setempat, yang ahli dalam merakit elektronik, Lastari menggabungkan ide dan teknologi masa kini sebagai sarana untuk menyampaikan informasi.

Hanya berbekal cokek, hand phone sebagai media perekam suara, dan sepeda motor sebagai sarana transportasi, sekaligus sumber energi listrik untuk menghidupkan perangkat pengeras suara.

"Kebetulan yang punya keahlian untuk merangkai elektronik kebetulan perangkat saya. Jadi saya tunjuk Kaur Kesra saya untuk membuat, bagaimana cara bersepeda motor dapat digunakan menyampaikan informasi kepada masyarakat" pungkasnya.

Selain biaya murah dan harga terjangkau, semua komponen dan barang yang dibutuhkan untuk merakit pengeras suara diatas sepeda motor sangat gambang. Selain itu, perangkat yang dirakit dapat menyesuaikan dengan segala jenis sepeda motor. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 722183137428778985

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::