Kembangkan Mete Logede Jadi Industri Rumahan

-- --
jambu Mete
SUMBER-cbfmrembang.com, Untuk mengangkat potensi yang dimiliki desa Logede, kecamatan Sumber, pihak desa merencanakan mengembangkan populasi Jambu Mete di desa setempat.

Kepala desa Logede Sunawi mengatakan, selama ini jumlah populasi pohon jambu mete didesanya sangat banyak  mencapai ratusan. Keberadaan Pohon ini berada di lahan warga di duadusun yakni dusun Sangkrah dan dusun Jenthir.

Namun selama ini untuk memasarkan hasil mete masih dijual mentah, pihak desa akan mengupakan bahan mentah tidak dijual  tetapi bisa dikelola menjadi industri rumahan sendiri .

Disebutkan Sunawi, untuk mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat  pemerintah desa berencana mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berupa pengolahan produksi jambu mete. Sehinga keuntungannya bisa lebih besar dan dirasakan warga.  

“,Warga Jika menjual mete mentah dihargai pada kisaran antara 4 ribu hingga 6 ribu per kilo gramnya, namun nanti jika diolah dan dikemas menjadi matang harga perkilonya bisa mencapai seratus ribu lebih”,.Ucapnya 

Sukawi menyebutkan  desa Logede merupakan satu-satunya dikecamatan Sumber sebagai sentra populasi buah jambu mete, sehingga  pemerintah desa Logede akan memanfaatkan buah dan biji jambu mete, bisa  menjadi produk industri rumahan yang bisa dipasarkan. 

“,Melalui wadah Pembentukan BUMDes ini nantinya diharapkan dapat mengurangi pengangguran dan  masyarakat mendapat pekerjaan dan pihak desapun mendapat kontribusi dari BUMDes tersebut”, Ungkapnya. 

Sunawi menambahkan pembuatan BUMDes ini akan direalisasikan dalam rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes) atau sekitar tahun 2020. Mengingat saat ini pihak desa sedang memprioritaskan pembangunan sarana prasarana fisik dan infrastruktur jalan. 

Pembangunan Infrastruktur ini sangat penting mengingat  demografi jarak antar dusun di desa Logede sangat jauh, sehingga perlu sarana penunjang jalan yang lebih baik  lagi.

Sunawi menyebutkan pihak Desa  juga berkeinginan membuat BUMDes industri bordir karena seiring maraknya jasa penjahit di desa Logede (Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Pertanian 7433517366916812232

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::