Nelayan Cotok Terima Bantuan API, Nelayan Cantrang Rencana Aksi Oktober

-- --
foto : istimewa
REMBANG - cbfmrembang.com, Sebelas kelompok nelayan non-cantrang, di wilayah Provinsi Jawa Tengah, mendapat bantuan alat penangkapan ikan ramah ligkungan, dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dalam hal ini, termasuk juga nelayan di Kabupaten Rembang.

Kabupaten Jepara mendapat bantuan paling banyak, yakni mencapai 211 paket dan Pemalang sebanyak 125 paket. 

Sedangkan Kabupaten Rembang, dan Brebes, masing-masing menerima 67 paket. Pemberian bantuan alat penangkapan ikan diserahkan langsung Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, di Kantor Balai Besar Penangkapan Ikan (BBPI) Semarang, Rabu (20/09/2017).

Menurut keterangan salah satu nelayan yang tergabung dalam Asosiasi Nelayan Dampuawang Lastari Priono menjelaskan, jika yang mendapatkan bantuan 67 paket alat tangkap dari kemetrian, merupakan nelayan cotok, yang jenis kapalnya dibawah 10 GT.

"Iya mas, tapi yang mendapatkan bantuan alat tangkap itu nelayan cotok, yang kapalnya dibawah 10 GT, bukan nelayan cantrang seperti kami" katanya. 

Saat disinggung mengenai masa penggunaan alat tangkap jenis cantrang akan segera berakhir pada Desember mendatang, Lastari mengaku sampai saat ini, belum ada kabar dari para nelayan soal mengganti alat tangkap.

Ia menegaskan, pada Oktober, mendatang, ia akan kembali menggelar aksi, dengan mengirimkan surat kepada Presiden, agar jaring cantrang kembali diizinkan untuk menangkap ikan.

"Kalau masalah beralih kayaknya kok belum ada kabar. Intinya kita akan tetap melakukan aksi-aksi. Oktober mendatang kita akan membuat aksi dengan mengirimkan surat kepada Presiden" tambahnya. 

Selain memberikan bantuan alat penangkapan ikan kepada perwakilan nelayan di Jawa Tengah, Susi Pudjiastuti juga menyerahkan klaim asuransi nelayan dengan total klaim mencapai Rp 1,2 miliar.

Dengan rincian, nilai manfaat santunan kecelakaan melaut sebesar Rp 200 juta apabila meninggal dunia, dan Rp 100 juta jika cacat tetap, serta Rp 20 juta untuk biaya pengobatan.

Sedangkan untuk jaminan santunan kecelakaan Rp 160 juta untuk yang meninggal dunia dan cacat tetap Rp 100 juta serta biaya pengobatan Rp20 juta. ( ASMUI )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8457408375147757709

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::