Prihatin Minat Baca Buku Sangat Rendah

-- --
Bupati membuka kegiatan semarak pesta buku kabupaten Rembang
REMBANG-cbfmrembang.com, Dampak adanya kemajuan tehnologi dan informasi justru tidak dibarengi tingginya minat baca anak didik dan masyarakat,  Justru minat baca  akhir-akhir ini sangat rendah dan memprihatinkan.

Bupati Rembang H Abdul hafidz mengatakan pada saat membuka  Semarak Pesta Buku kabupaten rembang  di Balai Kartini, kamis (7/9) pagi. 

Bupati menyampaikan Ia prihatin justru dampak adanyakemajuan tehnologi tidak dibarengi adanya peningkatan minat baca anak didik maupun masyarakat,yang nampak justru kemunduran minat baca. 

Bupati berkeinginan bagimana mengangkat minat baca ini bisa secara menyeluruh, jadi  tidak hanya anak didik saja tetapi pendidikan bisa juga memiliki minat baca.

"Saya ingin bagaimana kita bisa mengangkat minat baca ini secara menyeluruh. Tidak hanya anak didik, tetapi bagaimana diluar pendidikan juga memiliki minat baca",Ungkapnya

Untuk mendorongnya di jateng sudah ada I-jateng (baca: i jateng) Nantinya Kabupaten Rembang harus bisa menyusul Punya I-Rembang. Bupati  minta Sekda dan SKPD terkait untuk meresponnya dan di tahun 2018 m endatang bisa direalisasikan.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Pustasip) Provonsi Jawa Tengah M. Masrofi, mengungkapkan minat baca masyarakat di Indonesia hanya 0,001 persen. Dari hasil tersebut bisa dikatakan minat baca masyarakat di Indonesia sangat rendah sekali. 

"Minat baca masyarakat di Indonesia sungguh sangat-sangat rendah sekali yaitu 0,001 persen. Itu berarti setiap 1000 penduduk hanya 1 orng  yang senang membaca".Ujarnya

Tercatat dari survai 61 negara, Indonesia masih menempati nomor 2 dari bawah yakni nomor 60 dari 61 negara yang disurvai, menang satu tingkat dari negara afrika. Sementara untuk negara asean justru kalah jauh. 

Adanya Minat membaca masyarakat tinggi otomatis dampak pengetahuan menjadi pandai, negara maju tentunya akan berdampak pendapatan perkapita naik. ( Mufti Affandi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 194245956622345554

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::