Dinas Kesehatan Gelar Lomba Desa Bebas Jentik Nyamuk

-- --
Kabid P2 Aris Suryono saat menilai pada lomba desa bebas jentik di desa sendangmulyo kecamatan Gunem
REMBANG-cbfmrembang.com, Penyakit menular Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi masalah dalam pembangunan kesehatan masyarakat di wilayah Rembang. Keberadaannya dipengaruhi oleh kepadatan jentik, jika dari hasil pemantauan menunjukkan rendah maka diasumsikan kasus penyakit tergolong mematikan itu akan menurun begitu juga sebaliknya.

Sebagai salah  satu upaya pencegahannya, Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang kembali menggelar kegiatan Lomba Desa Bebas Jentik Tahun 2017. Lomba ini bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan atau kematian penyakit DBD melalui pemberdayaan dan peran serta masyarakat dengan cara melakukan mengendalikan populasi vektor DBD dengan cara Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“,Kegiatan PSN dilakukan dengan cara 3MPlus yaitu Menguras bak air/bak mandi, Menutup Penampungan air, Mengubur barang bekas, Memberikan ikan guna memakan jentik  di penampungan air dan Memakai obat anti nyamuk atau kelambu pada tempat tidur, Semua hal tadi menjadi penilaian dalam lomba”, Ujarnya. 

Menurut Aris Suryono rata-rata masyarakat sudah melakukan cara 3MPlus, namun masih belum sempurna, seperti bak mandi sudah dikuras namun tidak ditutup, lalu bubuk abate yang sudah ditaruh pada wadah plastik belum diberi lubang sehingga bubuknya tidak bisa larut di air pada bak mandi. Namun ditegaskan masyarakat sudah tahu pentingnya PSN bagi dirinya dan warga lain.

Aris Suryono tambahkan berdasarkan data yang diperoleh sampai bulan September 2017, tercatat ada 8 kasus DBD di Kabupaten Rembang, dan diharapkan sampai akhir tahun nanti tidak ada penambahan baru lagi. ( Heru Budi s )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8902553050942255776

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::