Gandeng BUMN, Pemkab Kembangkan Bioetanol

-- --
Rumput Raja yang di tanam di lahan puluhan hektar di Kecamatan Bulu
BULU - cbfmrembang.com, Dengan menggandeng salah satu Badan Uasaha Milik Negara (BUMN), Pemerintah Kabupaten Rembang mengembangkan potensi rumput raja atau yang biasa disebut rumput gajah, di tiga desa yang berada dikawasan sekitar hutan.

Ketiga Desa tersebut yaitu, Desa Kadiwono Kecamatan Bulu, Desa Timbrangan dan Desa Pasucen Kecamatan Gunem. Rumput raja sendiri termasuk salah satu bahan baku untuk membuat Bioetanol.

Dihadapan Lembaga Masyarakat Desa Huta (LMDH) Rabu siang (18/10/2017), Bupati Rembang Abdul Hafidz menyampaikan, pengembangan rumput raja merupakan upaya pemerintah, untuk memenuhi kebutuhan sumber energi, dengan cara mencari potensi sumber energi yang dapat diperbarui, tanpa takut akan habis. 

Selain menjadi sumber energi, jika dikembangkan dengan baik rumput raja juga dapat bernilai ekonomi bagi masyarakat yang membudidayakannya.

"Untuk menjawab atau menindak lanjuti dari program pemerintah supaya energi terbaru bisa segera terpenuhi. Karena sumber energi dari gas, sudah semakin menipis" Jelas Bupati. 

Lebih lanjut Bupati membeberkan, selain batang rumput raja yang dirubah menjadi Bioetanol, daun ruput raja juga dapat dijadikan sebagai pakan ternak, seperti sapi dan kambing.

Pemerintah juga merencanakan akan mendirikan pabrik Bioetanol, khusus di Kabupaten Rembang ditahun 2018.

"Jadi selain batanya merupakan salah satu bahan baku Bioetanol, daunnya itu bisa jadi pakan ternak" tambahnya.

Berdasarkan penelitiaan para pakar energi didunia, energi gas alam diprediksikan akan habis pada tahun 2054. Sehingga banyak negara maju yang sudah mencari alternatif sumber energi yang dapat diperbarui. Salah satunya adalah mengembangkan rumput raja. ( ASMUI ) 
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 6920097759540087972

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::