Hasil Bumi Desa Karangsekar Diarak Melalui Karnaval

-- --
Hasil bumi setelah dikirab jadi rebutan warga
KALIORI-cbfmrembang.com, Masyarakat dusun sekar, Desa Karangsekar, kecamatan Kaliori, hari Ahad (8/10), menggelar karnaval dalam rangkaian memeriahkan sedekah bumi. Karnaval mengarak hasil bumi serta menggelar tontonan masyarakat seperti drum band, dangdutan dan angklung mengambil rute lapangan dusun Sekar,  dusun Nggangin, dusun Karangudi dan peserta pawai berhenti di Punden dusun Sekar.

Kepala desa Karangsekar - Jasmani mengatakan kegiatan karnaval rangkaian sedekah bumi sebagai wujud mengungkapkan rasa syukur kepada tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan hasil panen yang diterima masyarakat dusun Sekar. 

Jasmani menambahkan sedekah bumi merupakan tradisi sakral adat tahunan yang dimaknai bukan untuk memuja selain Tuhan Yang Maha Esa tetapi melestarikan budaya. Tradisi ini hampir merata  di semua desa di wilayah Jawa, namun beda penyajian dan tampilannya.

Dalam kegiatan itu pihaknya selain melibatkan pemerintahan desa juga menggandeng Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) serta Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) untuk menjadi peserta Serta Linmas dan Gerakan Pemuda Ansor melalui Barisan Ansor Serbaguna (Banser) sebagai pengaman karnaval. 

Selain karnaval menurut Jasmani dalam kegiatan sedekah bumi pihak panitia sebelumnya menggelar nonton bareng film Gerakan 30 September di balai desa, lomba anak-anak di lapangan desa setempat  (6/10), pementasan  kethoprak di punden (7/10) dan ditutup dengan pementasan orkes dangdut dan pemberian santunan anak yatim di Punden (8/10). 

Salah satu warga masyarakat dusun Sekar - Samiran mengungkapkan kegiatan karnaval digelar berdasarkan usulan sebagian besar masyarakat.( Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 7405116626212691782

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::