Jelang Penilaian Adipura DLH Berbenah

-- --
Tugu Adipura  Kabupaten Rembang
REMBANG-cbfmrembang.com, Dinas lingkungan Hidup (DLH) Rembang terus berbenah mempersiapkan diri menjelang adanya penilaian Adipura pada bulan oktober ini. Beberapa langkah telah dipersiapkan,   diantaranya bekerjasama dengan SKPD terkait melakukan gerakan kebersihan lingkungan.

Kepala DLH Suharso mengatakan, partisipasi masyarakat melalui gerakan jumat bersih  dimasing-masing SKPD , akan  mempunyai kontribusi nilai plus dalam penilaian adipurta. 

“ DLH telah mengirimkan surat lewat SKPD terkait maupun pihak sekolah dan  pihak kecamatan untuk lebih giat melakukan  gerakan jumat bersih. Dengan titik pantau sudut kota Rembang,dan  Tanaman rindang”, Ungkapnya. 

Tidak kalah pentingnya lanjut Suharso  masyarakat jangan membuang  sampah disungai atau ditepi jembatan karena bisa mengurangi nilai plus dalam penilaian .

Sejauh ini menurut Suharso ada beberapa kelemahan  Rembang gagal memperoleh adipura. Beberapa hal yang perlu dicermati yakni terkait  tehnik penimbunan sampah perlu dirubah yang selama ini dibiarkan  harus kita uruk atau dilakukan penutupan, 
  
Yang kedua diharapkan peran aktif masyarakat bisa memilah-milah sampah, karena sampah ada fungsi dan  nilai ekonomi bagi masyarakat, kemudian sampah  harus dikelola menjadi kompos, dan pemanfaatan hasil gas metan sampah.

“, Kondisi pengelolaan sampah mulai sekarang harus kita benahi , keberadaannya harus bisa memberikan fungsi dan  nilai ekonomi masyarakat sekitar “Ujarnya.

Sementara terkait persyaratan Tempat pembuangan akhir sampah minimal luas lahan 5 Hektar sejauh ini belum dimiliki, karena baru memiliki lahan seluas 3,5 Hektar. Kalau memungkinkan tahun 2018 mendatang sudah bisa menyiapkannya, termasuk peralatannya.

“,Alat harus ada disiapkan 24 jam sewaktu- waktu sampah masuk bisa kita tutup. “,Imbuhnya .( Mufti affandi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2100804380642352821

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::