Kartu Tani Siap Dibagikan

-- --
Penyerahan mesin gesek (EDC)  ke pengecer pupuk menandai kartu tani mulai berlaku
REMBANG-cbfmrembang.com,Meski belum tercetak seluruhnya namun mengingat segera masuk (musim tanam) (MT) 1 maka Kartu Tani yang sudah jadi segera dibagikan. Fungsinya mirip layaknya kartu ATM tak sebatas hanya untuk menebus pupuk saja.

Kesiapan distribusi Kartu Tani di wilayah Rembang  diawali dengan penyerahan mesin gesek dari Perbank kan perbankan yang ditunjuk pemerintah pusat bekerja sama dalam pengelolaan program dari cetak kartu hingga penanganan sistem keuangan program. Secara simbolis kemarin diserahkan kepada salah satu pengecer pupuk bersubsidi di Kabupaten Rembang, disaksikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Suratmin.

Kasi Pupuk dan Alsintan Ika H Afandi menginformasikan sasaran penerima Kartu Tani yakni aktif menggarap lahan dengan luasan di bawah dua hektar kemudian berdomisili di wilayah setempat dikuatkan kepemilikan E-KTP waktu diadakan pendataan. Tercatat Ketika dilakukan pendataan  jumlah petani yang layak mendapat kartu berjumlah kisaran 71 ribu orang namun yang tercetak baru 38 ribu keping.

Sambung Ika, walau demikian pastinya yang sudah tercetak cepat dibagikan dan dijadwalkan dibagikan hari Sabtu dan Minggu ini. Untuk sisanya diharap segera terealisasi mengingat akan masuk musim tanam satu atau paling lambat akhir tahun nanti telah dipegang pemiliknya.

  Ika H  Afandi jelaskan Kartu Tani berlaku mulai tahun depan, berfungsi layaknya ATM dimana pemilik kartu wajib menabung karena penebusan pupuk bersubsidi nantinya hanya berlaku melalui mekanisme menggesek kartu ke EDC. Namun tak hanya berkaitan dengan penebusan pupuk saja, Kartu Tani juga dapat dimanfaatkan untuk membayar tagihan listrik dan air secara online dan transaksi perbankan lainnya.

Disinggung apakah dapat dipinjam atau dipindah tangankan ke sanak famili dari pemilik kartu, Ika H Afandi sebut bisa dan boleh tetapi jika untuk penebusan pupuk jangan ke sembarang orang sebab di dalamnya inklut alokasi perorangan dari tiap pemilik kartu yang jumlahnya otomatis berkurang usai kartu digunakan. Bila dipinjamkan harus dipastikan kebenaran PIN agar dapat digunakan untuk bertransaksi . 

“,Keistimewaan dari Kartu Tani adalah hanya dapat digunakan pada pengecer yang ditunjuk melayani penebusan pupuk bersubsidi. Dengan kata lain tak bisa dimanfaatkan ke sembarang pengecer, hal ini dimaksuskan guna menekan penyalah gunaan penebusan antar pengecer dari pemegang Kartu Tani”, imbuhnya. ( heru Budi S ))

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 6417934269863578350

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::