Kepala Pelabuhan Tasikagung Ditahan, Setelah ditetapkan Tersangka

-- --
Foto: tersangka saat diwawancarai wartawan
REMBANG - cbfmrembang.com, Pihak Polres Rembang akhirnya kembali menetapkan tersangka baru pada kasus pungutan liar (Pungli) yang terjadi di kantor Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung.

Kali ini Kepala kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Tasikagung, yang bernama Sukoco (53) ditetapkan sebagai tersangka setelah proses penyidikan yang dilakukan Satreskrim Polres Rembang.

Sukoco diduga ikut terlibat dalam tindakan pungutan liar pada proses pengurusan surat keterangan perpanjangan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI). 

Kasatreskrim Polres Rembang AKP Ibnu Suka menjelaskan, Sukoco ditetapkan sebagai tersangka, berdasarkan lebih dari dua alat bukti yang berhasil dikumpulkan oleh penyidik.

Selain itu kata Ibnu Suka, berdasarkan sejumlah barang bukti yang terkumpul dan kesaksian dari beberapa pihak, menyebut nama Sukoco ikut andil pada praktik liar itu. 

Barang bukti yang diamankan dari tangan tersangka berupa uang tunai senilai Rp 65 juta, dan sebuah telepon genggam milik tersangka.

KLIK UNTUK BACA:
Dugaan Pungli, Kepala Kesyahbandaran Pelabuhan Rembang Ditangkap

"Dengan lebih dua alat bukti yg telah dikumpulkan penyidik, maka untuk memperoleh bukti berupa keterangan tersangka maka penyidik melakukan Gelar perkara untuk penetapan tersangka dan selanjutnya dilakukan pemanggilan terhadap tersangka" jelasnya.

Sebelumnya, Agus Hari Prabowo (40) yang menjabat sebagai Kasi Kesyahbandaran kantor PPP Tasikagung Rembang terkena Oprasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Satreskrim Polres Rembang.

Agus Hari Prabowo kedapatan melakukan pungutan liar sebesar Rp 68 juta kepada 90 orang nelayan yang hendak mengurus SIB melalui otoritas Asosiasi Nelayan Dampo Awang Bangkit pada tanggal 14 Agustus 2017 lalu.

Tersangka kepada nelayan berdalih, dana tersebut merupakan retribusi syarat penerbitan rekomendasi Surat Izin Berlayar (SIB). Namun, justru besaran yang diminta melebihi tarif yang telah diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 4 Tahun 2017.

Hingga saat ini berkas Agus Hari Prabowo untuk tahap pertama dinyatakan sudah lengkap atau P21. Hanya tinggal pelimpahan barang bukti kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Sejak resmi menyandang status tersangka, Senin pagi (09/10/2017) Sukoco Resmi ditahan di Mapolres Rembang untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. ( ASMUI )

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 8062048055864671053

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::