Lestarikan Budaya, Gelaran Batik Dilombakan

-- --
Saat gelaran fashion show yang Sabtu sore, dan pemngumuman lomba baru akan dilakukan pada malam puncak nanti malam
REMBANG - cbfmrembang.com, Bertepatan dengan hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2017, pemerintah Kabupaten Rembang melalui Disprindakop dan UMKM setempat mengadakan berbagai macam lomba dan pameran karya batik.

Diantaranya, lomba membatik tingkat SD yang diikuti 64 siswa, tingkat SMP 27 siswa, dan tingkat SMA 37 siswa. Sedangkan untuk peserta dari kalangan umum diwakili oleh 52 orang peserta.

Untuk lomba design membatik diikuti oleh lima belas orang, dengan dua puluh karya batik yang disertakan untuk lomba.

Khusus loma fashion show diikuti oleh dua puluhan perwakilan pelajar dari berbagai tingkatan sekolah di Rembang. Mulai tingkat sekolah dasar, hingga tingkat sekolah menengah atas. Tiga puluh satu perwakilan dari masyarakat umum juga tak mau letinggalan pada event ini.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koprasi dan UMKM yang naru dilantik 27 Oktober 2017 kemarin, Ahsanuddin menjelaskan, gelaran batik yang terus digelar sebagai wujud melestarikan budaya dan aset, berupa batik Lasem.

"Ini untuk melestarikan aset yaitu batik Lasem yang punya ciri khas yang beda dari batik-batik yang ada di Indonesia. Memang saat ini banyak bermunculan batik dengan berbagai inovasi, namun sampai hari ini belum ada yang menyamai batim Lasem" tutur 

Selain itu, lomba Karnival Batik, juga menyedot perhatian dua puluh dua peserta untuk memperebutkan gelar sebagai juara. Selain itu, 10 stand pameran berbagai macam kerajinan batik, juga tak mau kalah memberikan harga khusus.

Diah Indriana, seorang pembatik asal Lasem mengaku sangat tertarik untuk mengikuti gelaran batik. Meski nantinya tidak mendapatkan juara, ia mengaku senang, dapat berpartisipasi pada event ini. 

Para peserta diberikan waktu untuk menyelesaikan karya batiknya dengan berbagai macam varian. Mulai dari sapu tangan, hingga selendang. Hasil lomba baru akan di umumkan pada puncak acara yang dihadiri langsung oleh Bupati Rembang bersama wakilnya, serta para pejabat dilingkup pemerintahan. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 9172261974495126434

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::