Panwaslu: Perekrutan PPK dan PPS Penuhi Kualifikasi

-- --
Anggota panwaslu Kab. Rembang
REMBANG  - cbfmrembang.com, Seiring adanya Proses penerimaan pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 mulai 13 Oktober 2017, Panwaslu Rembang meminta KPU merekrut  orang-orang yang benar-benar professional dan berintegritas.

Koordinator Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga  Panwaslu  Kabupaten Rembang, M Dhofarul Muttaqiin mengatakan, pemilihan sumber daya manusia (SDM) penyelenggara Pemilu yang professional dan berintegritas sangat penting, agar bisa menciptakan pelaksanaan Pilgub yang berkualitas dan bermartabat.  

 “Pelaksanaan Pilgub ini harapannya bisa berkualitas baik prosesnya maupun hasilnya,” katanya di Rembang, Kamis (12/10). 

Disamping itu kepanitiaan Pilgub bisa saja diteruskan ke Pilpres sehingga beban tugasnya nanti PPK dan PPS  cukup berat .

Menurut Muttaqiin, menciptakan Pilgub  berkualitas dan berintegritas merupakan keniscayaan bagi penyelenggara bila tidak terwujud,  Perwujudan integritas itu baik dalam konteks proses maupun hasil.  Integritas hasil tidak akan tercapai kalau integritas proses tidak tercapai. Oleh karenanya, keduanya bak dua sisi mata uang yang harus saling bersamaan.

Untuk mewujudkannya, lanjut dia, salah satu daya dukungnya adalah tersedianya SDM (sumber daya manusia) penyelenggara yang berkualitas dan bermartabat. Oleh karena itu, dalam seleksi PPK dan PPS diharapkan bernar-benar terpilih yang benar-benar memenuhi kualifikasi yang ada.

Dalam seleksi ini, lanjut Muttaqiin, KPU Rembang diminta memastikan bahwa pendaftar bukan merupakan anggota apalagi Pengurus partai politik. Sehingga bisa terjaga independensinya. 

 “Semua aturan yang ada dalam proses seleksi ini harus dipenuhi oleh KPU, apalagi tahapan ini berbarengan dengan masa pendaftaran Parpol sehingga harusnya memudahkan KPU dalam menelusuri rekam jejak pendaftar kaitannya dengan Parpol” Imbuhnya.

Panwaslu Lanjut Mutaqin tetap mewanti KPU pada proses seleksi PPK dan PPS direkrut orang-orang yang profesional dan berkualitas. ( Mufti Affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 2860560266250662803

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::