Panwaslu Siap Menangani Sengketa Pemilu

-- --
Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Rembang, M Dhofarul Muttaqiin disela kegiatan pengawasan penyerahan berkas pendaftaran partai politik di kantor KPU Rembang, Senin (9/10)
REMBANG-cbfmrembang.com, Selain mempunyai kewenangan dalam proses pengawasan  terhadap peserta pemilu, Panitia Pengawas Pemilu (panwaslu) punya kewenangan baru dalam proses pemilu ini, yakni  menangani sengketa pemilu.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Rembang, M Dhofarul Muttaqiin di sela-sela melakukan pengawasan pendaftaran Partai politik (parpol) di Kantor KPU di Rembang, Senin kemarin(9/10).

Muttaqin menyebutkan  Kewenangan baru Panwaslu dalam proses Pemilu ini, yakni berwenang untuk menangani sengketa pemilu antara peserta Pemilu dengan penyelenggara pemilu.

“,Panwaslu sekarang ini punya kewenangan menyelesaikan sengketa pemilu, artinya dalam proses pendaftaran parpol di KPU apabila nantinya keputusannya tidak memuaskan bagi partai politik bisa diselesaikan di Panwaslu.” Kata dia 

Sementara  terkait penyerahan berkas pendaftaran parpol dijelaskan Muttaqin, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Rembang meminta kepada partai politik yang hendak menyerahkan berkas-berkas pendaftaran dipastikan lengkap.  Hal itu agar proses pemeriksaan kelengkapan berkas di KPU berjalan lancar.

Pasalnya masa penyerahan berkas pendaftaran ditenggat sampai tanggal 16 Oktober 2017. Oleh Sebab itu,  dalam penyerahan berkas diharapkan  sejak awal sudah rapi dalam proses penyusunannya. 

“Waktu pendaftaran tinggal satu pekan,  kalau berkas-berkas yang diserahkan masih banyak yang kurang, dikhawatirkan  waktu yang disediakan tidak mencukupi untuk proses perbaikan,” katanya 

Muttaqin Lebih lanjut mengatakan, syarat berkas pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2019 adalah sebagaimana di Peraturan KPU No.11 tahun 2017 tentang Pendaftaran,Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR dan DPRD.

“,Untuk itu semuai partai politik diminta mencermati dan menindaklanjuti semua aturan yang ada dalam regulasi tersebut. Hal itu agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.  Sebab, semua teknis-teknis pendaftaran juga sudah dijelaskan secara rinci dalam aturan itu”, Ungkapnya.

Ditambahkan Muttaqin , KPU Rembang juga diminta bersikap adil dalam melayani semua parpol saat proses tahapan pendaftaran. 

“Semua parpol harus diberlakukan sama dalam proses pendafataran ini, jangan memihak salah satu parpol,” Imbuhnya.( Mufti Affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2727271302661666733

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::