Penambang Diminta Patuh Hukum

-- --
Musdes warga desa Lodan kulon dengan Muspika
SARANG-cbfmrembang.com, Dari hasil musyawarah desa (musdes) warga Desa Lodan Kulon Kecamatan Sarang, disepakati penambangan pasir kuarsa yang diketahui ijin usaha pertambangan (iup)  telah habis namun masih nekad beroperasi, harus berhenti total terhitung hari Minggu (15/10/2017).

Kholid Suyono salah seorang tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama Desa Lodan Kulon saat dihubungi menjelaskan, pemegang iup tambang pasir kuarsa sebenarnya adalah koperasi gapoktan desa setempat. Adapun usaha tambang dilempar ke tiga orang yaitu Suswanto, Munaji dan Anas yang masing-masing menambang dengan kawasan lima hektare. 

Sumber permasalahan muncul lanjut Kholid Suyono karena  iup telah habis per 29 september 2017 dan pihak pengelola masih saja menambang. Menyikapi hal tersebut Hasil dari Musdes yang  dipimpin Muspika dihadiri Aparatur Desa, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan  perwakilan parpol yang ada di desa tersebut Penambahan pasir kuarsa diminta dihentikan . 

“,Dalam  musdes ternyata muncul tambahan pernasalahan diantaranya penambang masih hutang retribusi, portal dan pembelian solar yg dilayani oleh seorang warga. Musyawarah sempat berjalan alot terjadi pro kontra karena ada 15 orang warga setempat yg ikut kerja menambang  namun karena ijin sudah habis maka secara voting disetujui menghentikan penambangan”,.Ujar Kholid 

Akhirnya ketiga orang  penambang yang turut hadir diminta membuat surat peryataan kesanggupan berhenti menambang dikuatkan oleh tanda tangan mereka dan Muspika sarang. Tambang resmi berhenti operasi per minggu (15/10) dan surat pernyataan diserahkan oleh Kapolsek Sarang I Made Hartawan. 

Dihubungi terpisah,  AKP I Made Hartawan sampaikan ke tiga orang penambang membandel tentu akan dibawa ke ranah hukum. 

“,Selain iup nya habis  ada dua usaha tambang lain dan diketahui  ijin habis per Oktober ini dan November mendatang, bila tak mampu menunjukkan dokumen baru perpanjangan tentunya dengan kesadaran sendiri harus berhenti menambang”, Ungkapnya. (heru Budi S )
Reaksi: 

Berita Terkait

Kriminal 5995880272686601969

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::