Stok Kosong, Garam di Rembang Terancam Langka

-- --
Petani garam di kaliori Mulai menggarap lahan pasca musim hujan baru-baru ini
KALIORI - cbfmrembang.com, Sejak para petani garam di Kabupaten Rembang menghentikan produksi garam, karena guyuran hujan lebat beberapa pekan kemarin, saat ini sebagian besar stok garam digudang petani kosong.

Menurut penuturan seorang petani garam di Kecamatan Kaliori Pupon, kondisi ini sudah terjadi sejak tanggal 15 oktober kemarin. Karena, hampir sebagian besar timbunan garam milik petani sudah terjual saat harga garam naik di musim kemaru lalu.

Meski masih terus berusaha untuk melakukan produksi, sampai hari ini para petani belum berhasil panen. Hal itu disebabkan cuaca yang belum mendukung karena masih turun hujan, saat penggarap tambak hampir panen.

"Iya mau gimana lagi, karena setiap mau panen turun hujan. Kondisi ini yang membuat kita kesulitan produksi. Kalau stok memang sudah banyak yang kosong gudangnya" jelas Pupon kepada cbfmrembang.com.

Kabid Perindustrian Pedagangan pada Disprindakop dan UMKM Rembang Sulistiono mengaku, membenarkan adanya kekosongan stok garam di sebagian gudang milik petani. Karena, petani lebih suka menjual saat harga mahal, ketimbang mempertahankan digudang.

Namun ia memastikan, jumlah kebutuhan garam konsumsi, baik persedian maupun stoknya masih   terpantau dan dalam keadaan aman.

"Ia memang ada yang habis, tapi itu disebagian gudang di wilayah Rembang timur. Tapi untuk garam petani di wilayah barat masih ada yang menyimpan" jelasnya Kabid Perindustrian Sulistiono.

Meski dalam kondisi yang demikian, Pemerintah Kabupaten Rembang melalui dinas terkait memastikan belum ada garam impor yang masuk di wilayahnya. Karena, meski cuaca sering turun hujan, para petani masih melakukan produksi dan siap panen. Untuk saat ini harga garam lokal berkisar, antara Rp 2800, hingga Rp 3000 perkilogram. ( ASMUI )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 825729919998410968

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::