Tingkatkan Ketertiban, Satpol PP Bentuk Ratusan Relawan

-- --
Kasatpol PP sematkan rompi keanggotaan KST
REMBANG - cbfmrembang.com, Untuk lebih meningkatkan ketentraman umum, dan ketertiban masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) membentuk ratusan relawan Kader Siaga Trantib (KST). Pembentukan sekaligus pembekalan dilakukan pada Rabu pagi (18/10/2017), di gedung hujau kompleks rumah Dinas Wakil Bupati Rembang.

Ada 126 orang perwakilan 14 desa, dari 13 Kecamatan yang ada di Kabupaten Rembang, mengikuti pembekalan untuk menjadi relawan menjaga ketentraman umum dan ketertiban di tingkat desa.

Dalam kesempatan terpisah Kepala Satpol PP Rembang Waluyo menerangkan, pembentukan KST merupakan pilot project dari Satpol PP Provinsi Jawa Tengah, tahun 2017, untuk membentuk relawan trantib di tengah masyarakat.

"Tujuannya bagaimana menjaga keamanan dan ketentraman umum di masyarakat. Ini panel kerja dari mitra Satpol PP, dibantu itu didesa namanya KST. Itu project dari Satpol PP Provinsi sejak 2014" jelasnya.

Waluyo menambahkan, terkait tugas pokok para relawan, trantib di tingkat desa adalah membantu aparat terkait, jika ada gangguan keamanan dan ketertiban yang ada diwilayah desa, dan berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja.

Di setiap desa para relawan KST beranggotakan 1 orang relawan KST. Sementara ditingkat Kecamatan terdiri dari 9 orang anggota Kader Siaga Trantib ( KST ).  

"Tugasnya satu seperti ketika ada Pilkades itu nanti berbaur dengan keamanan yang ada, bisa mengamankan disana kalau menang ada kerusuhan" tambahnya.

Selain relawan pria, Kader Siaga Trantib juga ada yang beranggotakan wanita. Salah satunya adalah Siti Zulaikah (42), warga Desa Manggar Kecamatan Sluke, yang merupakan dua dari sembilan anggota KST di Kecamatan Sluke. 

Zulaikah mengaku secara sukarela Ia terpanggil untuk menjadi Kader Siaga Trantib diwilayahnya.
"Saya merasa terpanggil untuk menjadi relawan trantib di Kecamatan saya. Saya dari sembilan anggota, saya perempuan sendiri" kata Zulaikah.

Dari empat belas Kecamatan, sampai hari ini, hanya Kecamatan Sulang yang belum membentuk Kader Siaga Trantib.  (  ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8156012231100592376

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::