50 Dongeng Rakyat Telah Dibukukan.

-- --
Penampilan peserta menceritakan  Dongeng Rakyat
REMBANG- cbfmrembang.com, Sedikitnya ada 50 dongeng atau cerita rakyat yang sudah dibukukan oleh Dinas kearsipan dan perpustakaan (Din Arpus) kabupaten Rembang, puluhan dongeng rakyat tersebut telah dibukukan dalam dua jilid buku oleh almarhum Kusaeri yang memuat legenda cerita rakyat di masing-masing daerah dari 14 kecamatan. 

Kepala bidang perpustakaan - Karsono mengatakan, dari jumlah 50 an dongeng rakyat, diakuinya  masih ada dongeng rakyat di beberapa daerah yang  belum terkafer. 

Untuk mengadopsi dongeng rakyat yang belum terkaver Pihaknya akan berusaha meneruskan dan menggali beberapa cerita rakyat Rembang melalui nara sumber yang mampu,  agar nantinya bisa dibukukan .

Sebagai langkah untuk melestarikan kearifan lokal khususnya dongeng Cerita rakyat, Dinas kearsipan dan perpustakaan hari rabu ( 08/11) mengelar lomba penulisan dongeng cerita rakyat kategori tingkat SMP dan SMA se kabupaten Rembang di sasono Budaya komplek Museum RA kartini Rembang.

Menurut keterangan Karsono lomba ini mendapat respon luar biasa dari peserta, tercatat pada lomba ini diikuti oleh 40 peserta dari tingat SMP dan sekitar 24 peserta tingkat SMA. 

“,Lomba ini mendapat respon Luar biasa dari anak-anak, lomba ini untuk meningkatkan  pengembangan minat baca pada anak dan melestarikan budaya dan kearifan lokal”,  Ungkapnya .

Pada lomba ini anak anak sekaligus menulis cerita rakyat dan memerankannya sesuai ekspresi didalam dongeng tersebut.  Lomba ini dimaksudkan agar anak- tidak meninggalkan kearifan lokal, tetap dilestarikan jangan sampai punah  dan bisa untuk membentuk karakter pada diri anak. 

Salah satu perserta dari SMAN 1 Kaliori Umi Anik Sunyahni mengatakan, Ia ikut lomba dan tampil membawakan cerita  rakyat Lahirnya dukuh semanggi di kecamatan kaliori.

Baginya lomba ini sangat bermanfaat, karena  bisa meneruskan generasi bangsa menjadi pandai, kreatif dan cinta pada kearifan lokal. Ia berharap  orang akan lebih tertarik dengan cerita dan dongeng rakyat . 

“,Saya menampilkan cerita lahirnya dukuh semanggi di kecamatan kaliori. Dongeng ini menceritakan dua orang pengembara kembar, tetapi kondisi fisiknya sama buruk rupa, namun  mereka semangat bekerja luar biasa. Dari cerita ini  diharapkan bisa menjadi suri taulan orang  untuk  saling menghargai satu sama lain”,Kata Umi siswi SMAN 1 Kaliori 

Sebelumnya Dinas kearsipan dan perpustakaan juga menggelar lomba mendongeng. Bagi Pemenang diambil juara putra dan putri untuk kategori peringat satu sampai 6. (Mufti Affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Pendidikan 6494955722739802645

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::