Bupati Deklarasikan Germas Hidup Sehat

-- --
Bupati Rembang - H. Abdul Hafidz, didampingi wabup Bayu Andriyanto tandatangani komitmen deklarasi Germas
REMBANG-cbfmrembang.com, Bupati Rembang - H. Abdul Hafidz, hari Minggu (19/11), deklarasikan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat kabupaten Rembang. Kegiatan yang diselenggarakan di Alun-alun kota Rembang dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bersangkutan.

Bupati mengatakan Germas hidup sehat merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia dalam rangka penguatan upaya promotif - preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif - rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. 

Disebutkan Bupati, untuk menyukseskan Germas, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat; serta Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya.

“,Salah satu dukungan nyata lintas sektor untuk suksesnya Germas  diantaranya Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang berfokus pada pembangunan akses air minum, sanitasi, dan pemukiman layak huni, yang merupakan infrastruktur dasar yang mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam hal keamanan pangan.”, Ungkap Bupati 

Bupati menjelaskan dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. Germas mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat. 

Bupati berharap melalui deklarasi Germas dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat dan meningkatkan produktifitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan. 

Kegiatan dilanjutkan jalan sehat dengan rute dari Alun-alun, jalur pantura jalan Jenderal Soedirman, Jalan Kartini, Jalan dr. Soetomo dan kembali ke Alun-alun..( Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 6719501113188716959

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::