Dalam Sepekan, Dua Rekening Nasabah BRI Rembang Dibobol

-- --
Dalam Sepekan, Dua Rekening Nasabah BRI Rembang Dibobol
Saat anggota Polsek Sulang sedang memeriksa mesin ATM yang menelan korban salah seorang nasabah bank pada hari Jum'at 24 November 2017
PANCUR - cbfmrembang.com, Kejadian pembobolan saldo rekening melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), saat ini marak terjadi di Kabupaten Rembang. Sudah ada dua kali kasus tersebut terjadi yang menimpa dua nasabah bank BRI dalam kurun waktu empat hari.

Kejadian yang pertama terjadi didalam salah satu minimarket di wilayah Kecamatan Sulang pada hari Jum'at 24 November 2017. Korbannya merupakan seorang warga Desa Jukung Kecamatan Bulu, yang bernama Sukirwan.

Modus yang digunakan pelaku adalah dengan berpura-pura membantu korban kesulitan memasukkan katu ATM kedalam mesin yang diduga sudah terlebih dahulu sudah dimodifikasi para pelaku.

Dalam hitungan menit uang Rp 10 juta direkeningnya berpindah tangan dengan cara ditransfer. Sedangkan Rp 5 Juta, ditarik secara berkala. Total, saldo Rp 15 juta dalam rekeningnya hilang dalam hitungan jam.

Kasus yang kedua menimpa Samsudin (27) warga Rt 01 Rw 01, Desa Japeledok Kecamatan Pancur, yang mengaku kehilangan dana di dalam buku rekening tabungannya.

Kejadian tersebut baru diketahui pada Senin pagi (27/11/2017) saat melakukan pengecekan ke bank BRI kantor pembantu Kecamatan Pancur, dimana dia pertama kali menerbitkan buku rekening. Dalam tiga kali penarikan, saldo senilai Rp 2,6 juta hilang, hanya menyisakan Rp 80 ribu rupiah.

Awalmulanya, ketika ia akan mengambil uang di salah satu gerai Anjungan Tunai Mandiri ditepian jalan pantura depan pabrik minimarket di Desa Pasar Banggi Kecamatan kota pada Minggu malam 26 November 2017. Kartu ATM nya tertahan dan tidak bisa dikeluarkan.

Modus yang dugunakan sama, adalah dengan berpura-pura memberikan pertolongan, dan menyarankan korban untuk memasukkan pin. Setelah korban memenuhi saran yang diberikan, pelaku langsung bergegas pergi. ( ASMUI )

Tips agar terhindar dari kejahatan pembobolan saldo ATM 

1. Hati-hati saat menekan PIN
Meski tidak ada orang lain saat berada di ATM, Anda tetap harus selalu waspada. Kamera tersembunyi bisa saja sedang memantau aktivitas, termasuk mengetahui password Anda.

Karena itu, saat menekan PIN ATM, Anda harus menutupnya dengan tangan. Hal ini bisa mencegah pencuri mengetahui PIN Anda.

2. Perhatikan lokasi ATM
Hindari menggunakan ATM di daerah redup dan malam hari. Hindari ATM di toko-toko ritel atau restoran, hal ini karena perangkat skimming pernah ditemukan di ATM yang berada di sebuah toko populer di Florida.

Selain itu, ATM di bandara juga rentan terhadap aksi pencurian. ATM yang berada di luar Bank juga menjadi target pencuri. Sebaiknya juga jangan terlalu sering ke ATM. "Semakin sering ke ATM, maka akan ada resiko," kata Siciliano.

3.  Periksa saldo rekening secara teratur
Anda harus memeriksa saldo rekening secara teratur. Dengan begitu Anda bisa segera mengetahui jika ada transaksi penarikan uang yang aneh. Pengguna kartu kredit biasanya lebih mudah mengetahui bahwa telah menjadi korban kejahatan. Karena tagihan kartu kredit biasanya selalu dikirimkan secara teratur.

4. Perhatikan kondisi ATM
Anda harus memperhatikan dengan seksama ATM untuk memastikan keaslian slot kartu dan bukan tempelan. Terutama ketika sejumlah orang merasakan keanehan ketika memasukkan kartu ke ATM.
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3938196567236447402

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::