Jelang Berakhirnya Cantrang, Dirjen KKP Kucurkan Bantuan Untuk Nelayan Rembang

-- --
Sejumlah nelayan Rembang menerima bantuan Dirjen  perikanan tangkap kementrian kelautan dan perikanan
REMBANG - cbfmrembang.com, Menjelang berakhirnya penggunaan alat tangkap jenis cantrang pada 30 Desember 2017, Direktorat Jendral Perikanan Tangkap Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), menyalurkan bantuan alat penangkapan ikan (API) ramah lingkungan kepada sejumlah nelayan wilayah Kabupaten Rembang. 

Penyerahan bantuan bertempat di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung pada Rabu siang (22/11/17), dengan dihadiri ratusan nelayan, diwilayah kota setempat.

Bantuan yang disalurkan diantaranya satu kapal untuk nelayan dengan ukuran 5 GT, 12 unit jaring gillnet permukaan dan 4 unit gillnet dasar. Selain itu, sebagian nelayan juga mendapatkan bantuan 6 unit bubu lipat rajungan, 2 (alat penangkap udang) unit trammelnet monofilamen, dan 1 unit bubu lipat ikan.

Selain itu, nelayan juga mendapatkan pinjaman modal kerja , mulai dari Rp 5 jt, hingga Rp 600 Jt. Dalam kesempatan itu juga dilakukan pembagian klaim asuransi nelayan untuk biaya pengobatan, cacat tetap, dan meninggal dunia. Pencairan dana asuransi dengan nilai Rp 8 jt, sampai Rp 160 jt bagi keluarga nelayan yang meninggal dunia saat menjalankan aktifitas melaut.

Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Syarief Widjaja menyebutkan, ada tiga misi yang sedang dilakukan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan. Diantaranya misi kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan.

“Kedaulatan sudah kita lakukan dengan mengusir seluruh kapal asing yang mencari ikan di laut Indonesia. Sehingga saat ini stok ikan kita melimpah dan bisa berdampak keberlanjutan bagi nelayan kita. Sedangkan kesejahteraan kami wujudkan seperti ini, menyalurkan bantuan kepada para nelayan” tuturnya saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam sambutannya bersyukur Rembang menerima jatah bantuan nelayan dari KKP. Ia pun berharap dengan bantuan tersebut dapat membuat nelayan Rembang bersemangat lagi dalam bekerja.

“Semoga kehadiran bapak-bapak ini bisa membuat semangat kita agar bisa mengelola laut dengan cara lebih baik, benar dan tepat” ujarnya singkat.

Dirjen KKP juga membedah 5 rumah milik nelayan di Desa Gegunungwetan Kecamatan Rembang kota, setiap rumah mendapatkan bantuan anggaran senilai Rp 20 juta. ( ASMUI  )

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 4042340019147726183

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::