Kasus Pungli Pelabuhan Belum Disidangkan

-- --
Sukoco
REMBANG - cbfmrembang.com, Sudah satu bulan Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung Rembang menjadi tersangka dan ditahan, hingga saat ini Sukoco belum disidangkan. 

Sukoco disebut terlibat pada kasus dugaan praktik pungutan liar dalam pengurusan perpanjangan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) di Kantor PPP.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Rembang, AKP Ibnu Suka menjelaskan, tersangka sampai saat ini, masih menjadi penghuni sementara rumah tahanan di Mapolres Rembang.

Menurutnya, pelimpahannya masih menunggu hasil penelitian berkas yang sedang dilakukan oleh pihak Kejaksaan. Penyerahan tersangka untuk diadili, baru akan dilakukan, setelah berkas perkara dinyatakan lengkap, atau (P21).

"Sampai hari ini, kami belum dilimpahkan. Kita menunggu hasil penelitian berkas oleh kejaksaan. Kita tunggu P21 dulu" kata Ibnu Suka.

Lebih jauh Kasat Reskrim membeberkan, jika berkas perkara yang dilimpahkan pada tahap pertama sudah dinyatakan lengkap, pihaknya akan segera melakukan pelimpahan untuk tahap kedua, yaitu tersangka bersama barang bukti.

"Dari Jaksa, kita menyatakan P21, baru kita melakukan pelimpahan tahap kedua" tambah Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Rembang AKP Ibnu Suka.

Sukoco dijadikan tersangka berdasarkan keterangan Agus Prabowo yang merupakan Kepala Kesyahbandaran Pelabuhan Tasikagung Rembang yang lebih dulu tertangkap tangan (OTT) oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Rembang. 

Agus diamankan beserta barang bukti uang tunai Rp 68 juta, yang dipungut dari 90 orang nelayan yang hendak mengurus SIB melalui otoritas Asosiasi Nelayan Dampo Awang Bangkit pada tanggal 14 Agustus 2017 silam.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 12 Huruf e Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 juncto Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

Hingga saat ini, polisi masih terus melanjutkan proses penyidikan untuk melakukan pengembangkan pada kasus tersebut. (  ASMUI  )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 6158846805937477816

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::