Pantai Karang Jahe Terkena Abrasi, 500 Pohon Cemara Tumbang

-- --
Saat ali Musthofa menunjukkan kepada wartawan puluhan pohon cemara yang tumbang karena abrasi di pantai sebelah timur. sedangkan 500 pohon lain di pantai bagian barat hilang terbawa arus pantai
REMBANG - cbfmrembang.com, Abrasi kini tengah mengancam keberlangsungan potensi wisata di wilayah Kabupaten Rembang. Salah satunya terjadi pantai wisata yang menjadi unggulan, yaitu Karang Jahe Beach (KJB) yang terlatak di Desa Punjulharjo Kecamatan kota.

Dampak dari proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut yang bersifat merusak, membuat sejumlah pohon cemara yang ada di tepian pantai tumbang, hingga sepanjang hampir satu kilometer.

Ketua pengelola tempat wisata pantai Karang Jahe Ali Musthofa menjelaskan, gerakan gelombang air laut yang terjadi dari bawah, membuat banyak akar pohon menjadi terlihat, dan kemudian roboh dengan sendirinya, atau terbawa air.

"Ya tumbangnya pohon di hutan cemara yang ada di sebelah utara. Prosesnya, itukan air laut dengan keras itu gelombangnya menerjang dari bawah. Terus akarnya pada kelihatan terus pada tumbang cemaranya" kata Ali Musthofa selaku pengelola pantai Karang Jahe.

Ali Musthofa menambahkan kondisi tersebut sudah terjadi sejak dua bulan terakhir, sedikitnya 500 batang pohon cemara dipantai bagian barat hilang terseret gelombang laut.

Sedangkan dipantai bagian timur, ditemukan 50 pohon cemara roboh berserakan dan belum dibersihkan.

"Yang sudah hilang limaratusan ada. Ini yang masih tumbang juga ada 50 masih ada. Dua bulanan mas" tambah Ali Musthofa.

Saat ini pengelola tempat wisata Karang Jare sedang menyiapkan anggaran untuk segera melakukan langkah penangan abrasi, agar tak meluas. Salah satu yang direncanakan adalah membuat talud dibibir pantai, untuk mengurangi tekanan gelombang, dan pengikisan.

Namun sampai hari ini, untuk membuat talud, pihak pengelola masih kesulitan untuk mencari tukang, untuk pengerjaan pembangunan. Proses pembangunan, akan dilakukan secara swadaya oleh warga desa setempat. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 6585549021337648941

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::