Pantai Pasir Putih Mulai ramai Pengunjung

-- --
Para Wisatawan yang hendak berwisata ke pulau gede
KALIORI – cbfmrembang.com, Tempat wisata Pantai Pasir Putih, dusun Wates, desa Tasikharjo, kecamatan Kaliori, sekarang sudah mulai berbenah. Pasalnya, kini telah dilengkapi fasilitas tempat senam, area foto selfie, wahana senam dan tempat pemberangkatan ke Pulau Gedhe.

Ketua pengelola Pantai Pasir Putih  Heri Prasetyo mengatakan pengunjung Pantai Pasir Putih saat ini bisa dimanjakan dengan kuliner khas Rembang oleh 40an pedagang lokal dari desa Tasikharjo.

Pengunjung di hari-hari biasa berkisar antara 300 hingga 500. Sedangkan pada hari Minggu pengunjung bisa mencapai 1.000 hingga 1.500. Pengunjung terjauh berasal dari Kabupaten Tegal dan Kabupaten Magelang.

Heri Prasetyo menjelaskan keunggulan Pantai Pasir Putih itu kini ternoda oleh pencemaran air laut dari limbah pengolahan ikan. Sehingga mengganggu kenyamanan pengunjung. Karena limbahnya mencapai 500 meter dari bibir pantai.

Heri Prasetyo mengungkapkan pihak pengelola pantai tidak mempunyai wewenang untuk menghentikan pabrik-pabrik pengolahan ikan. Sehingga pihaknya hanya bisa berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang yang mempunyai wewenang ikut andil menangani pencemaran limbah di Pantai Wisata Pasir Putih. 

Heri Prasetyo menyebutkan selama mengikuti sidak bersama Pemkab dan DPRD ke puluhan pengolahan ikan sepanjang pantura Sluke hingga Kaliori, yang mempunyai Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) hanya Holi Mina Jaya dan Karya Mina Putra. Sisanya limbah pabrik langsung masuk ke laut atau mempunyai IPAL namun tidak difungsikan.

Penindakan limbah menurut Heri Prasetyo dihadapkan serba dilema. Kalau masyarakat terdampak demo, warga sekitar yang bekerja di pabrik, rawan menganggur. Apabila dibiarkan, lama kelamaan pencemaran akan semakin parah. Sementara sampai sekarang belum muncul kesadaran dari mayoritas pengelola pabrik.

Salah satu pengunjung Warto menuturkan Wisata Pantai Pasir Putih sudah lama dipromosikan oleh Pemkab Rembang jauh sebelum adanya Pantai Karangjahe, desa Punjulharjo kecamatan Rembang dan Pantai Caruban, desa Gedongmulyo, kecamatan Lasem.

Dulu ketika berkunjung harus mencari tempat yang steril dan di saat yang tepat. Karena selain menjadi mangkalnya anak pacaran juga menjadi tempat menggembala.

Namun sekarang menurut Warto ketika digencarkannya pengembangan wisata pantai menjadi tempat wisata idaman terganggu dengan limbah. Sehingga pengunjung agak kurang nyaman. (Masudi)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3052568515700398309

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::