Pemkab Rembang Anggarkan 1 Milyar Untuk Bencana

-- --
Siap siagaan yang digelar BPBD Rembang dilapangan Desa Rumputmalang Kelurahan Leteh , Jum'at pagi (17 November 2017)
REMBANG - cbfmrembang.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang, menyelenggarakan kegiatan Apel Siaga Bencana di lapangan Rumput malang Desa Kabongan Kidul pada, Jum'at pagi (17/11/2017).

Apel siaga bencana yang diikuti oleh ratusan persopnil dari unsur TNI Polri, Relawan BPBD, dan instansi lainnya. Hal tersebut sebagai kolaborasi agar lebih efektif antar relawan dan lembaga pembina demi memperkuat upaya kesiapsiagaan.

Selain itu, meningkatkan keterampilan relawan, memperkaya informasi tentang penanggulangan bencana dan penguatan jiwa korsa antar relawan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz seusai apel kepada media mengaku, untuk sementara, pihaknya sudah menyiapkan anggaran 1 miyar, dalam kesiap siagaan bencana.

Ia menimpali, pihaknya akan menambah jumlah anggaran kebencanaan, jika memang darurat untuk dibutuhkan. Secara aturan dana kemanusiaan, pemerintah Kabupaten Rembang tidak memberikan batasan dalam penganggaran anggar kemanusiaan.

"Kalau bencana sebetulnya tidak terbatas, dari sisi aturan tidak dibatasi apalagi untuk kemanusiaan yang bersifat darurat. Sehingga berapapun untuk itu akan kita penuhi dan itu menjadi kuwajiban, meskipun kami menganggarkan dana tak tersangka hanya 1 milyar" kata Bupati Rembang kepada media.

Kepala BPBD yang saat ini dijabat Sekda Rembang Subakti meminta, sejak digelar siap siaga bencana, kasi trantib disetiap Kecamatan dapat segera mematakan wilayah yang menjadi langganan benaca.

"Titik berat kami dalam menanggulangi bencana adalah dari pra bencana, proses - proses mitigasi bencana. Sejak digelar apel siaga ini harus turun kelapangan untuk mengidentifikasi bencana" kata Kepala BPBD Subakti. 

Siap siaga bencana, akan digelar sejak bulan November 2017, sampai bulan Maret 2018. Sampai hari ini pihak BPBD mengaku masih kukurangan sarana dan prasarana seperti, alat pendekteksi tanah longsor, dan alat berat seperti bego / excavator untuk terjun diwilayah bencana. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 6819006661919431868

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::