Peringati Hari Pahlawan, Momen Perkokoh Persatuan Bangsa

-- --
Peringatan hari Pahlawan tingkat kabupaten Rembang
REMBANG - cbfmrembang.com, Dalam rangka memperingati hari pahlawan yang biasa jatuh pada tanggal 10 November, jajaran pemerintah Kabupaten Rembang Jum'at pagi (10/11/2017) menggadakan upacara dihalaman kantor Bupati Rembang.

Dalam membacakan sambutan Mentri Sosial Republik Indonesia Bupati setempat Abdul Hafidz menyampaikan, hari pahlawan yang diperingati saat ini, berdasarkan pertempuran hebat pada 10 november 1945 di Surabaya.

Peristiwa itu sekaligus memperlihatkan kepada mata dunia Internasional semangat rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. 

Betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku agama dan golongan, sama-sama melebur menjadi satu untuk bersama-sama menjadi satu untuk berikrar bergerak dan menyerahkan hidupnya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Lebih jauh bupati menyampaikan, sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Bung Karno, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno itu, memiliki makna yang sangat mendalam.

"Kalimat singkat dari Bung Karni ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita, tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dalam merintis kemerdekaan tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan negara yang namanya Republik Indonesia" kata Hafidz saat menyampaikan sambutan Mentri Sosial. 

Pada tanggal 10 November juga banyak melahirkan sejarah, yang diantaranya teriakan Bung Tomo untuk membakar semangat para pejuang yang biasa disebut dengan pekik.

Selain itu, keluarnya fatwa resolusi jihat untuk melawan penjajah, oleh pendiri jam'iyah Nahdlatul Ulama Haderatus Syeh KH Hasyim Asy'ari. Dikumandangkannya lagu Indonesia Raya oleh WR Soepratman. Serta lantunan syi'ir Subbanul Wathon oleh KH Wahab Chasbullah.  

Republik Indenesia berdiri berkat rahmat Allah yang maha kuasa, dapat terus kita nikmati kemerdekaannya, karena para pahlawan pendahulu yang mengajarkan keteladanan untuk rela berkorban, untuk bangsa dan negara. ( ASMUI  ) 

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 3740420554208486941

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::