Petahana ikut Nyalon, Berpotensi mendompleng Anggaran

-- --
Ketua Panwaskab Rembang - Totok Suparyanto dalam rapat koordinasi dengan stake holder Focus Group Discussion Peta Kerawanan Pelanggaran Pemilu, di salah satu Hotel di Rembang (4/11).
REMBANG-cbfmrembang.com, Panitia Pengawas Kabupaten (Panwaskab) Rembang masih mengindikasikan cara cara kotor oleh calon yang akan mencalonkan diri di pesta demokrasi baik pemilihan kepala daerah (pilkada) tingkat kabupeten/kota, provinsi bahkan pemilihan presiden. Biasanya, cara kotor tersebut akan dimanfaatkan oleh petahana dengan mendompleng atau menunggangi anggaran tertentu untuk meraup suara.

Ketua Panwaskab Kabupaten Rembang - Totok Suparyanto mengatakan bilamana petahana ikut mencalonkan diri biasanya akan memanfaatkan dengan leluasa yang ada di sekitarnya. 

“,Saya Contohkan dari pengalaman pemilu sebelumnya Calon petahana diindikasikan  memanfaatkan dana sosial untuk kepentingan perolehan suara. Misalkan pada pos bantuan sosial di bidang keagamaan, untuk madrasah, hibah dan lainnya mendompleng saat pencairan”, Ucap Totok Suparyanto. 

Totok Suparyanto menyebutkan pemanfaatan bansos oleh petahana tersebut bukan untuk digelapkan atau dikorupsi demi kepentingan pencalonan. Namun mereka memanfaatkan di saat waktu pembagian atau pencairannya.  Yakni seakan akan pencairan atau penyerahan dana itu merupakan program dari petahana, kerja kerasnya, dedikasinya dan lainnya. 

Menurutnya, Pendomplengan dedikasi atas pencairan dan penyerahan supaya bisa meraup suara itu bisa terkena pidana. Sebab itu bisa dikategorikan memanfaatkan kekuasaannya demi kepentingan politik. 

“,Kategotri tersebut bisa, memenuhi pelanggaran manakala ada unsur mengajak mendukung salah satu pasangan calon dan menyampaikan visi misinya”, tandasnya ( Masudi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4008977827198622477

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::