PPS Belum Terpenuhi, KPU Rembang Tunggu Petunjuk Provinsi

-- --
foto : cbfmrembang.com
REMBANG - cbfmrembang.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang sampai hari ini masih menunggu petunjuk dari KPU Provinsi Jawa Tengah terkait belum terpenuhinya kuota PPS di empat Kecamatan diwilayah pemilihannya. Empat Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Pancur, Gunem, Sale, dan Sulang.

Komisioner KPU Rembang Adib Ulinuha menjelaskan, ada beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan oleh KPU Rembang. Salah satunya, menunjuk secara langsung berdasarkan rekomendasi kepala desa setempat.

Namun terkait proses penunjukan secara langsung kata Adib, untuk menjadi Panitia Pemungutan Suara ditingkat desa, pihaknya akan mengambil keputusan setelah adanya petunjuk dari atasannya.

"Ya ada beberapa kemungkinan, diantaranya menunjuk secara langsung untuk menjadi PPS, atas rekomendasi kepala desa setempat. Artinya mengacu kepada PKPU yang lama" kata Adib.

Sampai hari ini, upaya berkoordinasi masih terus dilakukan oleh KPU Rembang, untuk menuhi jumlah PPS di empat Kecamatan yang sampai hari ini masih mengalami kekurangan. 

pengumunan hasil seleksi PPS oleh KPU Rembang, empat desa di 4 Kecamatan belum tuntas

Ketua Bawaslu Kabupaten Rembang Totok Suparyanto menduga, KPU Rembang dalam melakukan sosialisasi masih kurang. Sehingga, membuat sejumlah Kecamatan sepi pendaftar untuk menjadi calon PPS.

"Saya menduga bahwa sosialisasi ini belum maksimal. Yang kedua kepala desa atau masyarakat sebagian pemahannya masih menggunakan PKPU lama. Tetapi temen KPU berencana akan menunggu rekrutmen ulang tapi menunggu dari KPU Provinsi Jawa Tengah" kata Ketua Bawaslu Rembang.

Di Desa Kunir Kecamatan Sulang, Desa Kajar Kecamatan Gunem, dan Desa Pakis Kecamatan Sale, masing-masing hanya ada 2 orang yang ditetapkan sebagai PPS setelah lulus seleksi dan wawancara. 

Sedangkan untuk Desa Japeledok Kecamatan Pancur hanya ada 1 orang yang ditetapkan sebagai PPS setelah mengikuti seleksi dan wawancara. 

Sebelumnya pada tanggal 11 November 2017, KPU Kabupaten Rembang menetapkan panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018. Namun menurut catatan penyelenggara pemilu setempat, ada 4 Kecamatan yang kebutuhan PPSnya belum terpenuhi. Yaitu Pancur, Gunem, Sale, dan Sulang. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 9198696162546983595

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::