Puluhan anggota PPS Terpilih, Absen saat Pelantikan

-- --
Data PPS terpilih yang tidak hadir saat pelantikan serentak 26 November 2017 di masing-masing Kecamatan Minggu kemarin
REMBANG - cbfmrembang.com, Setelah mendapatkan petunjuk melalui surat edaran KPU Provinsi Jawa Tengah, untuk kembali membuka pendaftaran dibeberapa Kecamatan yang jumlah PPSnya belum terpenuhi, akhirnya KPU Rembang kemarin hari minggu tangal 26 Nopember melakukan Pelantikan PPS sebagaimana petunjuk dari Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah.

Meski demikian, ada 26 nama anggota PPS terpantau tidak mengikuti pelantikan yang dilaksanakan secara serentak dimasing-masing Kecamatan. Dari jumlah tersebut, sebagian besar dilaporkan sedang berada diluar kota saat pelantikan berlangsung. Sedangkan sisanya, dalam kondisi sakit. Sementara satu PPS dari Desa Kulutan Kecamatan Gunem, batal dilantikan karena, terverifikasi sebagai anggota partai politik. Dan sudah ada penggantinya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun cbfmrembang.com, PPS yang tidak mengikuti proses pelantikan tersebar di 8 Kecamatan. Yaitu, 13 orang di Kecamatan Kragan, dan 7 orang di Kecamatan Sarang. Sedangkan Kecamatan Sluke, Rembang, Pamotan dan Pancur masing-masing 2 orang yang tidak ikut dilantik oleh PPK setempat. Untuk Kecamatan Bulu dan Gunem hanya satu orang yang absen saat pengambilan sumpah.

Komisioner KPU Rembang Adib Ulinnuha mengatakan, sampai hari ini pihaknya masih menunggu petunjuk KPU Provinsi untuk melakukan pelantikan susulan bagi PPS terpilih yang belum dilantik.

"Kami masih munggu petunjuk dari KPU provinsi untuk melakukan pelantikan susulan atau bagaimana kami masih menunggu. Yang tidak hadir itu mereka rata-rata berada diluar kota, karena provesi mereka seorang guru" kata Adib.

Anggota Bawaslu Kabupaten Rembang M Dhofarul Muttaqiin mendorong KPU Rembang untuk segera melakukan pelantikan susulan, sebelum bulan Desember. Pasalnya peranan PPS cukup penting, mengingat, tahapan yang terdekat adalah pemutakhiran data pemilih.

Ia menambahkan, pada tahapan ini, PPS merupakan ujung tombak pemutakhiran data, dan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di tingkat Desa.

"Jangan sampai PPS kurang lengkap jangan sampai menjadi hambatan. Karena sebentar lagi ini kan memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih, sehingga peranan PPS sangat penting dalam pembentukan PPDP" jelas Muttaqiin.

Berdasarkan pantauan, ada dua anggota PPS disatu desa, yaitu Desa Lodan Kulon Kecamatan Sarang, dan Desa Tanjungan Kecamatan Kragan, tidak mengikuti pelantikan di Kecamatan setempat.

Sementara itu, 13 anggota PPS di Kecamatan Sarang, dilaporkan pergi keluar kota dalam satu rombongan, sebelum pelantikan berlangsung, sehingga tidak memungkinkan untuk dilantik.

Panitia Pengawas Pemilu menilai, KPU Rembang terlambat dalam mengedarkan surat kepada anggota PPS terpilih untuk dilantik. Sehingga, banyak anggota PPS absen saat pelantikan berlangsung.

Dari 882 PPS terpilih di 294 desa, hanya 856 PPS yang hadir untuk mengikuti pelantikan. Sedangkan 26 sisanya, tidak hadir dan belum mengikuti pelantikan.  ( , ASMUI  ) 
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8163968521940279711

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::