Puluhan Ribu Warga Terancam Kehilangan Hak Pilih

-- --
Dindukcapil dipadati warga yang belum urus e-ktp
REMBANG-cbfmrembang.com, Warga Kabupaten Rembang yang belum ikut perekaman guna memperoleh E-KTP diminta segera melakukannya. Hal ini berkaitan dengan pemilu agar nantinya mereka tak kehilangan hak pilih.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Rembang M Daenuri mengungkapkan data penduduk Warga Rembang  saat ini sebanyak 625.990 orang dan wajib mengurus E-KTP sejumlah 483.260 orang. Terkait hak pilih pada pemilu dikurangi anggota TNI dan Polri sebanyak  1.315 orang dan  tersisa 481.945 orang.

Sambung Daenuri jumlah tadi kemungkinan bertambah saat pelaksanaan Pilkada Gubernur Jawa Tengah tahun depan. Yakni berasal dari pemilih pemula dan Polri dan TNI yang telah purna tugas atau kembali menjadi warga sipil.

Daenuri lebih lanjut terangkan adapun warga yang sama sekali belum melakukan perekaman guna memperoleh E-KTP terdata sekira 44 ribu orang yang menjadikan terancam kehilangan hak pilih pada pemilu. 

Dari penelusuran diketahui penyebabnya meliputi pindah alamat yang dimungkinkan mengurus di tempat baru, orang tua/lansia/jompo yang memang tak sedia mengurus, berada di luar negeri dan telah meninggal tapi tak dilaporkan. 

Untuk mengeliminir permasalahan tersebut Pihak Dindukcapil  telah membuat kepingan CD berisi nama-nama warga yang belum melakukan perekaman. Hasil penggandaan pertama dibagikan ke Kantor Kecamatan namun progresnya diketahui sangat lambat sehingga diputuskan didistribusikan ke Kantor Desa/Kelurahan.

“, Warga tak perlu datang ke Dindukcapil  untuk melakukan perekaman, cukup dilakukan di tiap Kantor Kecamatan dan baru dilanjutkan mengurus E-KTP di Dindukcapil. “ Jelas Daenuri 

Terpisah Ketua KPUK Rembang Minanus Su’ud  menegaskan, bagi  warga yang sampai kini hanya memegang surat keterangan pengganti sementara E-KTP, ketika nanti penyusunan daftar pemilih sementara kedapatan sudah tak berlaku maka yang bersangkutan sudah tentu tidak ikut didaftar. Demikian pula bagi pemilih pemula yang belum melakukan perekaman, pastinya tak masuk dalam daftar. ( Heru Budi s)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8097229982866783110

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::