Sebagian Besar Desa di Sumber, Belum Bentuk BUMDes

-- --
Proses pembuatan tepung Mocap BUMDes desa Polbayem
SUMBER – cbfmrembang.com, Pascca sosialisasi pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) oleh Pemkab  Rembang, sampai saat ini sebagian besar desa yang ada di Kecamatan Sumber belum mendirikan BUMDes  mendorong aparatur desa segera membentuk badan usaha milik desa (BUM Des).

Meski dinilai memberikan manfaat, namun banyak desa belum memiliki badan usaha. Dari 18 desa yang ada di Kecamatan Sumber, sampai November 2017, baru 4 desa yang terpantau mendirikan sebuah badan usaha milik desa.

Kepala seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kecamatan Sumber Nisrotun mengatakan, empat desa diwilayahnya yang sudah mendirikan BUMDesa diantaranya, Desa Kedungasem, Sukorejo, Polbayem dan Desa Sumber. 

“Baru empat mas, yang lain belum terbentuk. Rata-rata mereka belum siap alasannya” kata Nisrotun kepada wartawan cbfmrembang.com.

Nisrotun mengungkapkan, 14 desa di Kecamatannya, masih mengesampaingkan pembentukan BUMDes, dan memilih menggunakan angaran untuk kepentingan pembangunan fisik atau infrastruktur seperti jalan. 

“Desa yang belum membuat BUMDes karena belum siap. Mereka butuh modal. Sementara desa yang besar, masih berkutat seputar pembangunan infrastruktur jalan” pungkasnya.

Ada berbagai macam usaha yang digeluti empat desa yang sudah mendirikan usaha. Diantaranya, penyewaan pertokoan seperti desa Sukorejo, pembuatan tepung Mocaf di Desa Polbayem, pembuatan tepung Mocaf, dan pembuatan pasar desa seperti di Kedungasem dan Desa Sumber. ( Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 1331988388084644777

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::