Songsong Adipura, Pemkab Rapatkan Barisan

-- --
Tugu Adipura Rembang
REMBANG - cbfmrembang.com, Pemerintah Kabupaten Rembang, mulai melakukan berbagai persiapan untuk penilaian Adipura 2018. Salah satunya berkoorniasi dengan semua OPD, pada Jum'at pagi (03/11/2017) di Pendapa Kompleks Moseum Kartini Rembang.

Bupati Rembang Abdul Hafidz menegaskan, menjelang penilaian Adipura, pemerintah sudah menganggarkan untuk perluasan tanah sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, serta menambah alat berat untuk mengelola sampah di tempat pembuangan sampah.

Hal tersebut sebagai langkah keseriusan Pemkab Rembang, yang menargetkan kembali memboyong piala Adipura ke Rembang.

"Berkaitan dengan penilaian Adipura, secara umum Pemkab Rembang sudah mendukung dari sisi anggaran untuk perluasan tanah, dan mengagarkan alat berat. Artinya kita serius" kata Bupati Rembang Abdul Hafidz.

Bupati juga meminta Dinas Lingkungan Hidup untuk menggerakkan OPD, BUMD, para pedagang, dan toko yang berada di jalan protokol, untuk mulai berbenah, menyongsong penilaian Adipura.

Dihadapan pada Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Suharso mengaku, sesuai dengan hasil penilaian tahun lalu, ada empat hal yang menyebabkan Rembang gagal meraih Adipura.

Diantaranya, TPA, Pohon tegaan yang sering ditebang, kurangnya partisipasi masyarakat, dan Peran koordinasi seluruh OPD dan yang lainnya. 

Berdasarkan hasil penilaian di TPA, Suharso mengaku mekanisme pengelolaan yang seharusnya menggunakan Control Living, namun faktanya pengelolaan sampah di Rembang masih menggunakan open dumping. Sehingga, hal tersebut membuat penilaian Adipura Rembang menjadi berkurang.

"Di TPA waktu kemarin waktu kemarin diperlihatkan sampah yang ada di TPA itu ada kekeliruan, sehingga mengurangi penilaian" jelasnya. 

Dalam waktu dekat, melalui Dinas Lingkungan Hidup, pemerintah akan segera memanggil Dinas, Lembaga, BUMD, dan semua elemen masyarakat yang terkait dengan penilaian untuk segera melakukan pembenahan. (  ASMUI  )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 484004173622050569

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::