Supplier Pakan Ternak, Siap Bangun Pabrik di Rembang

-- --
Saat para petani sedang memanen jagung di Kabupaten Rembang. ( foto:cbfmrembang.com)
PANCUR - cbfmrembang.com, Sebuah perusahaan yang menjadi supplier pakan ternak akan melakukan perluasan dengan membangun pabriknya diwilayah Kabupaten Rembang. Pembangunan akan dilakukan pada tahun 2018.

Perusahaan tersebut nantinya akan mengolah jagung jenis hibrida dari petani, sebelum disetorkan ke pabrik-pabrik sebagai bahan untuk memproduksi pakan ternak. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat Sunarmin menjelaskan, panen jagung di sejumlah wilayah dinilai cukup melimpah. Namun, belum termanfaatkan dengan baik.

Setiap panen, petani harus memanen, mengupas, merontokkan, hingga pengeringan, baru jagung dapat dijual.  Dengan adanya pabrik tersebut, petani tinggal menjual secara gelondongan, dari sawah, tanpa harus memprosesnya dirumah.

"Jadi nanti akan ada pengusaha yang akan membuat semacam pabrik pengolahan. Jadi jagung dari petani akan dibawa langsung ke pabrik itu akan dikeringkan dan nanti baru dikirim ke pabrik - pabrik yang memproduksi pakan ternak." kata Suratmin.

Menurut Bupati Rembang Abdul Hafidz , pabrik tersebut diperkirakan akan ditempatkan di wilayah Kecamatan penghasil jagung terbesar di wilayahnya. Seperti Kecamatan Pamotan, Sedan, dan Kecamatan Sarang. Pasalnya, ketiga wilayah itu, merupakan Kecamatan penghasil jagung terbesar di setiap panen raya.

"Nanti kemungkinan pabriknya akan kita tempatkan di wilayah Kecamatan Pamotan, Sedan, atau di Sarang. Karena di Kecamatan ini panen jagungnya melimpah" kata Bupati Rembang Abdul Hafidz.

Soal harga dari pabrik dinilai cukup menjanjikan. Karena, jagung basah yang belum dirontokan dihargai Rp 2800 perkilogram. Sedangkan jagung yang masih di tangkainya, dihargai Rp 2000 perkilogram. 

“Jika satu hektar dapat enam ton dikalikan Rp 2800 maka sudah mendapat sekitar Rp 20 juta, sedangkan untuk biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani cukup Rp 3 juta sampai Rp 4 juta,” terangnya.( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 3168876965882606687

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::